ETNOMATEMATIKA DALAM BUDAYA MASYARAKAT YOGYAKARTA

Penulis

  • Pardimin Pardimin

Kata Kunci:

--

Abstrak

--

Referensi

Antoro, M. (2016, April 27). Filosofi Hidup Dalam Angka Jawa.

https://oediku.wordpress.com/2016/04/27/filosofi-hidup-dalam angka-jawa/

Barton, B. (1996). Making Sense of Ethnomathematics: Ethnomathematics is Making Sense.

Educational Studies in Mathematics, 31(1-2), 201-33.

Bishop, A.J. (1988), Mathematical Enculturation, Kluwer.

Budiarto, M.T. (2015). Etnomatematika: Sebagai Batu Pijakan Untuk Pembelajaran Geometri

dan Penanaman Karakter. Proceeding of SeNdiMat Ke-3 PPPPTK, Yogykarta, 11-12.

D’Ambrosio, U. (1985) Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of

Mathematics, For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Detiknews. (2011, Desember 14). Wah! Candi Borobudur Dibangin dengan Ilmu Matematika

Modern. Retrieved from Detiknews: https://news.detik.com/berita/d-1767309/-wahcandi-borobudur-dibangun-dengan-ilmu-matematika-modern

Ernest, P. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. British: Taylor & Francis

Group.

Ilmania, A. (2016). Geometri Fraktal dalam Etnomatematika Candi Borobudur. Makalah

IF2120 Matematika Diskrit Intitut Teknologi Bandung, 1-5.Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia 63

Nuh, Z.M. & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat

Melayu Riau. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19(2), 220-238.

Nunes, T (1992). Ethnomathematics and Everyday Cognition, in Handbook of Research on

Mathematics Teaching and Learning, Macmillan.

Prabowo, A. (2016). Hasil-Hasil Terbaru Dalam Penyelidikan Matematika Jawa. Proseding

Seminar Nasional Matematika dan Terapannya, Purwokerto, 371-383.

Rohayati, S., Karno, W., & Chomariyah, I. (2017). Identifikasi Etnomatematika Pada

Masjid Agung Di Yogyakarta. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika

ISSN : 2528-4630

Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics.

Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.

Solopos. (2015, Agustus 26). Filosofi Angka "Keramat" 25, 50, dan 60 dalam Mitos Jawa.

Retrieved from solopos.com: http://www.solopos.com/2015/08/26/kisah-misterifilosofi-angka-keramat-25-50-dan-60-dalam-mitos-jawa-636446

Suyitno, H. (2011). Value’s of Mathematics Education and Citizenship Education.

Proceeding of Departement of Mathematics Education, Yogyakarta State University,

Yogyakarta, 723-736

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23