EFEKTIVITAS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN GAME PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Penulis

  • Claudia Betruchy BAda

Kata Kunci:

example non example, game puzzle, mathematics learning achievement

Abstrak

Some factors that cause the low of student mathematics learning achievement are the low of understanding mathematics concept and the adjustment of teaching mathematics by teacher based on curriculum 2013. The aim of the present study is to deternine the effectiveness of example non example style with helping of game puzzle in learning geometri to student learning achievement. The research method is a quasi experimental with non equivalent control group design. Population of this research consist of five classes with a number of students are 170. The sample consist of 68 students, it is devided into two classes. The data collecting method is documentation and test. The analysis of instrument test is validity, the level of difficulty test, the different power test and reliability test. The analysis of data is using independent t test, Mann-Whitney U test and gain test. The result show that example non example style with helping of game puzzle is more effective than konvensional style to student learning achievement.  It is caused by helping student to know the opposite characteristics of mathematics concept with comparing non example part that might some parts are characteristics of mathematics concept in example part.

Referensi

Al-Azizy, A. Suciaty. Ragam Latihan Khusus Asaah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Daya Ingatnya. Jogjakarta: Diva Press, 2010

Alfiah, Yuli, and Tri Astuti Arigiyati. "Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Melalui Pemanfaatan Prized Chart Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 11 Yogyakarta." UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3.2 (2015).

Aroya, Rofiqo and Ali Yusuf. “Pengaruh Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Peserta Didik Pendidikan Keaksaraan Fungsional Tingkat Dasar DI UPTDSKB Kabupaten Trenggalek.†E-journal Universitas Negeri Surabaya 1, no. 3 (2013): 1-8

As’ari, A.R. Dalam “Berbagai Permasalahan Pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013 dan Beberapa Upaya untuk Mencoba Mengatasinya.†Dalam Seminar Nasional Solusi Problematika Implementasi Kurikulum 2013 untuk Mewujudkan pembelajaran yang berkualitas, 16 maret, 2014, 2014

Benny, Karyadi. 2005. Konsep Dasar dan Karakteristik Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PPKP). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Budi, Bangun Setia. “ Strategi Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Surakarta.†SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 4, no.1(2014)

DEPDIKNAS. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, 2006, Jakarta: Depdiknas

Furqon. Statistika Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 1999

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010

Handayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2014

Herman, Tatang. “Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPâ€. Cakrawala Pendidikan 26, no. (2007): 41-62.Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Herawati, Oktiana Dwi Putra, Rusdy A. Siroj, and M. Djahir Basir. "Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang." Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2010): 70-80

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014

Karim, Asrul. “Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.†Jurnal Pendidikan (2011)

Muhassanah, Nuraini, Imam Sujadi, and Riyadi Riyadi. "Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele." Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2, no.1 (2014): 54-66

Nila, Kesumawati. “Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika.†Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 2008

Nisak, Raisatu. Lebih Dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar-Mengajar. Jogjakarta: Diva Press, 2011

Permana, Yanto and Sumarmo, Utari. “Mengembangkan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah.†Educationist 1, no. 2(2007): pp-116

Putra, Aan Surya. Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Mekanik Dasar Kelistrikan Kelas X Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Diss. UNY, 2016

Rahman, Risqi, and Samsul Maarif. "Pengaruh Penggunaan Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat." Infinity Journal 3.1 (2014): 33-58.)

Redhana, I. Wayan. "Pengaruh model pembelajaran berbasis peta argumen terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada topik laju reaksi." Jurnal Pendidikan dan pengajaran 43, no 2 (2010)

Rifai’ Bachtiar. “ Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamaatn Jabon Kabupaten Sidoarjo.†Sumber 100,no 100 (2013): 2-59

Rosmawati, H. 2006. Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Bandung: UPI Siagian, Roida Eva Flora. “Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika.†Jurnal Formatif 2,no. 2 (2012): 122-131

Soewandi, A.M, Slamet. Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma, 2005

Sumarmo, Utari. Berpikir dan Disposisi Matemartika Serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2015

Suherman, Erman. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003

Suprijono, Agus. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2009

Yensi, Nurul Astuti. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Argamakmurâ€. Jurnal Exacta 10, no. 1 (2012): 24-35

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23