ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Penulis

  • Halimah Sa'diyah

Kata Kunci:

analisis kebutuhan, PMRI, kemampuan pemecahan masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analissis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Populasi penelitian adalah peserta didik SMP kelas VII dan guru Matematika se kabupaten Sleman pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara dan observasi serta dianalisis secara deskriptif. Simpulan penelitian ini: (1) materi pembelajaran kelas matematika VII SMP dapat dikembangkan dengan pembelajaran berbasis PMRI; (2) peserta didik memiliki kemampuana yang cukup untuk mengikuti pembelajaran berbasis PMRI; (3) kemampuan pemecahan masalah peserta didik belum menjadi tujuan utama; (4) dibutuhkan perangkat pembelajaran berbasis PMRI untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

Referensi

Anisa, W. N. “Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik melalui pembelajaran pendidikan matematika realistik untuk siswa SMP Negeri di kabupaten Garut.†Jurnal Pendidikan dan Keguruan, no.1 (2014): 81-90.

Fauziyah., Zulkardi., Putri, Ratu I.I. “ Desain pembelajaran Materi Belah Ketupat Menggunakan Kain Jumputan Palembang untuk Siswa Kelas VII.†Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, no.1 (2016): 31-40

Gravemeijer, K. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CDβ Press, 1994.

Hadi, S. Pendidikan Matematika Realistik, Teori, Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Linnusky, I. N., & Wijaya, A. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS.†Doctoral dissertation. Yogyakarta: UNY. 2016

Murniati, L. D., Candiasa, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkat-kan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, no.2 (2013): 114-124

National Council of Teacher Mathematics (Ed). Principles and Standards for school mathematics. National Council of Teacher. 2000

Novrika, Dina., Putri, Ratu I.I., Hartno, Yusuf. “Desain Pembelajaran Materi Refleksi Menggunakan Motif Kain Batik untuk siswa Kelas VII.†Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 16 November 2016, Jawa Tengah: Universitas Negeri Solo, 2016.

Polya, G. How to Solve It. A new Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press. 1973

Rahmawati. “Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan Menggunakan Timbangan Siswa Kelas IV.†Jurnal Pendidikan Matematika, no.1 (2017): 57-67.

Rahmawati, Somakim, Susanti, E. “Kertas Berpetak pada Pembelajaran Perbandingan Senilai.†Jurnal Elemen, no. 2 (2016): 116-126.

Sari, A. N. I., & Wijaya, A. ( Developing The Learning Set For The Topic Of Pythagorean Theorem Using Problem Solving Approach Refers To The Learning Trajectory With Problem Solving Student’s Ability Orientation. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, no.4 (2017): 51-59.

Sari, Paramitha., Putri, Ratu I.I., Kesumawati, Nila. “Desain Pembelajaran Materi Pengukuran Sudut dengan Pendekatan PMRI untuk Kelas VI†Jurnal Numeracy, no.1 (2016): 33- 42.

Sari, Shinta., Elniati, Sri., Fauzan, Ahmad. “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014.†Jurnal Pendidikan Matematika, no. 2 (2014) : 54- 59.

Schoenfeld, A. H. Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics, dalam Grouws, Douglas. A (Eds.): Handbook for Research on Mathematics Teaching and Learning. New York: Macmillan Publishing Company, 1992.

Setiawan, I. M. D., Candiasa, I. M., Kom, M. I., & Marhaeni, A. N. (2014). “Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dan asesmen projek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengendalikan kemampuan numerik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Singaraja.†Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan, no. 1 (2014): 1-11

Sugiman. “Peran Guru Matematika Dalam Mewujudkan Siswa yang Konstruktif Melalui Pemecahan Masalah.†Makalah disamapaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 14 November 2015

Utari, Rahma S., Putri, Ratu I.I., Hartono, Yusuf. “Konteks Kebudayaan Palembang untuk Kemampuan Bernalar Siswa SMP pada Materi Perbandingan.†Jurnal Didaktik Matematika, no.2 (2015): 27-37

Wijaya, A. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta:Graha Ilmu, 2012

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23