PENERAPAN STRATEGI PERKALIAN NAPIER’S BONE UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Muh Wildanul Firdaus

Kata Kunci:

Napier’s Bone, strategi perkalian, sekolah dasar

Abstrak

Napier’s Bone adalah alat yang diciptakan oleh John Napier untuk menghitung hasil kali dan hasil bagi. Alat ini juga digunakan sebagai dasar perancangan konsep operasi dalam menciptakan komputer. Alat ini bisa digunakan untuk melakukan perkalian, pembagian,dan menghitung akar kuadrat. Dalam tulisan ini kami fokus pada masalah perkalian. Konsep perkalian dalam Napier’s Bone bisa digunakan untuk mengajar strategi perkalian untuk siswa sekolah dasar. Konsepnya sederhana dan mudah diterapkan bagi siswa sekolah dasar, karena ada banyak masalah di SD yang terkait dengan perkalian. Hal ini akan membuat pengajaran dan pembelajaran Matematika menjadi lebih menarik.

Referensi

Kopplin, John. 2002. An Illustrated History of Computers Part 1. Situs web: http://www.computersciencelab.com/ComputerHistory/History.htm diakses pada tanggal 26 November 2017.

Seton, George. 1882. Memoir of Alexander Seton. Edinburgh: William Blackwood.

Untari, Erny. 2013. “Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Vol.13 No. 1. pp.1-8.

Wulandari, Ika & Sagita, Laela. 2011. “Pembelajaran Matematika dengan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Karakter Positif Siswaâ€. PROSIDING Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika: Matematika dan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. pp.273-282.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23