ANALISIS PENALARAN ADAPTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL POLYHEDRON DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GAYA BERPIKIR

Penulis

  • Yohanna Dita Kristanti
  • Kriswandani Kriswandani

Kata Kunci:

Teaching Style, Learning Style, Adaptive Reasoning

Abstrak

This descriptive qualitative research designed to investigate the ability of adaptive reasoning on students in major of polyhedron viewed from different teaching and learning styles in each student. The population of this study were 30 students of class VIII C Stella Matutina Junior High School Salatiga. Based on the population selected 13 from 30 students as sample of research by using purposive sampling technique that is student having different learning style and thinking style which will be used to observed different way of adaptive reasoning. Data collection techniques used interview and documentation methods consisting of learning style test, thinking style test, and written test about polyhedron. Data analysis techniques use classification guidelines for learning styles and thinking styles and rubrics assessment of adaptive reasoning. Based on the rubric it is found that students who have visual learning style and supported by abstract thinking style that is VAR / AA and VK / SA students get score 19, VAK / AA and VARK / AA got score 18, fulfilling the five indicators of adaptive reasoning and have reasoning ability an excellent adaptive in polyhedron compared to students with other type of  learning and thinking styles.

Referensi

Abdul Rahim, Pengaruh Metode Accelerated Learning terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP dalam Belajar Matematika, (Bandung:Skripsi UPI,2008), h.19.t.d

Arif Kurniawan. (2012). Analisa Gaya Belajar Peserta Didik Program Akselerasi di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: FE UNY.

Arikunto, suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP, Draf Final Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan Mts,(Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan,2006)

Ibrahim Sani Ali Manggala, Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Alaoud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Penalaran Adaptif Siswa SMA,(Bandung: Skripsi UPI,2010)

Budiarto,Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMA,(Bandung:Skripsi UPI,2008)

Carole Wade & Carol Ravris, Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2, (Jakarta:Erlangga,2007),h.10

Depary, Suasana, dkk. 2013. Model Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Fisika. Medan: Universitas Negeri Medan.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV, (Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2008), h.950

DePorter, B dan Hernacki, M., 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Fleming, Neil. 2012. Teaching and Learning Styles (VARK Strategies). New Zealand.

Frentika, Diena. 2014. Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif dan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

John W Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, (Jakarta:Kencana Prenada Media Group,2010),h.357

Killpatrick. et. al,Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics, (National Academies Press:Mathematics Learning Study Committee Edition, 2001), h.170

Kilpatrick, Jeremy, & Jane Swafford. 2001. Adding It Up Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academiy Press.

Majid, Abdul, dkk. 2014. Analisis gaya Belajar dan Gaya Berpikir Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Anggana pada Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kelarutan. Kalimantan Timur: Prosiding Seminar Nasional Kimia.

Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2008), h.6

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurochma, Rofa. 2012. Perbedaan Hasil Belajar dengan Penerapan Strategi Pembelajaran GuidedInquiry dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jateng tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret.

Priatna N, Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 SMP Negeri di Kota Bandung, (Bandung:Disertasi UPI,2003), h.9.t.d

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Suharnan, Psikologi Kognitif, (Surabaya: Srikandi,2005)

Umi Salamah, Berlogika Dengan Matematika 2 untuk Kelas VIII SMP/MTs KTSP, (Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2008), h.157

Widjajanti. 2011. Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, Mira, dkk. 2013. Analisis Gaya Belajar Siswa dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi, Kampus Pinang Masak.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23