PRAKTIK LESSON STUDY MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

Penulis

  • Wahyuni Wahyudi

Kata Kunci:

Lesson Study, Pendekatan Matematika Realistik, Pre-Experimental Design

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan matematika realistik dengan menggunakan teknik lesson study yang dilaksanakan di kelas IV SD Laboratorium UPI Bumi Siliwangi pada materi bilangan romawi. Adapun hasil penelitian yang dibahas meliputi deskripsi kegiatan pembelajaran dan temuan-temuan selama proses pembelajaran, serta analisis hasil evaluasi siswa pada materi bilangan romawi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar dengan nilai KKM. Aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori baik, dengan persentase 69,57% untuk aktivitas siswa dan aktivitas guru 83,33%.

Referensi

Darhim. Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual terhadap Hasil Belajar dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Kelas Awal dalam Matematika. Disertasi Doktor pada PPS UPI. Tidak Diterbitkan. 2004.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta, Raja Grafindo Persada. 2011.

Soedjadi. Masalah Kontekstual sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Depdiknas, UNESA. 2007.

Sudaryono, dkk. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta, Graha Ilmu. 2013

Surhayati, Aren. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta, Pustaka Belajar. 2006.

Turmudi. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta, Cipta Pustaka. 2008.

Wijaya, Ariyadi. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta, Graha Ilmu. 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23