HUBUNGAN METODE TALQIYYAN FIKRIYYAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Rospala Hanisah Yukti Sari

Kata Kunci:

Talqiyyan Fikriyyan, Matematika, Pembelajaran Matematika.

Abstrak

Metode Talqiyyan Fikriyyan adalah metode pemindahan ilmu kepada orang lain sebagai sebuah pemikiran dengan cara mentransfer hasil penginderaan terhadap fakta melalui panca indera ke dalam otak kemudian dihubungkan dengan informasi sebelumnya yang telah terbukti benar kepastiannya dan digunakan untuk menginterpretasi fakta tersebut. Namun faktanya,  pembelajaran matematika siswa cukup memprihatinkan. Diketahui dari data daya serap  Ujian Nasional di Indonesia Tahun 2016-2017 pada kemampuan penguasaan materi pelajaran statistika peluang, geometri dan pengukuran, bilangan dan aljabar berturut-turut adalah 12.79%, 17.54%, 29.94%, dan 24.94% dan laporan PISA yaitu peringkat literasi matematika di Indonesia Tahun 2015 menempati urutan 63 dari 69 negara. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan metode Talqiyyan Fikriyyan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, menganalisis, dan mendeskripsikan hubungan antara metode Talqiyyan Fikriyyan dengan pembelajaran matematika. Metode  yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan mengkaji literatur sumber bacaan.  Manfaat yang didapat dalam penelitian ini adalah dapat memberikan pengetahuan dan solusi dalam permasalahan pendidikan, terutama pembelajaran matematika saat ini. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan metode talqiyyan fikriyyan dalam pembelajaran matematika maka pembelajaran matematika  dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun unsur dari metode talqiyyan fikriyyan  dalam pembelajaran matematika adalah fakta, otak, panca indera, informasi sebelumnya

Referensi

Downing, Douglas. 2009. Dictionary of Mathematics Terms. Newyork. Barron’s Educational Series, Inc. School of Business and Economics Seattle Pacific University. 2017. https://abmpk.files.wordpress.com/2015/04/dictionary-copy.pdf.

Ziegler, G. M. 2010. Teaching and Learning: What is Mathematics. Berlin. Freie Universit¨at Berlin. https://www.discretization.de/media/filer_public/2014/09/05/20140413icm-proceedings-ziegler.pdf. Diakses pada 27 November 2017.

Harel. 2008. What is Mathematics? A Pedagogical Answer to a Philosophical Question. University of California, San Diego. https://www.cambridge.org/core/books/proof-and-other-dilemmas/what-is-mathematics-a-pedagogical-answer-to-a-philosophical-question/C49FD0E00F490E0F3EBFC9830E4AF823. Diakses pada 27 November 2017.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. https://mintotulus.files.wordpress.com/2012/04/permendikbud-no-58-tahun-2014-tentang-kurikulum-smp.pdf. Diakses pada 28 November 2017.

Permendiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi KTSP. http://www.sman4bukittinggi.sch.id/index.php/informasi-nisn-permen-dan-un/peraturan-pemerintah-dan-permen/42-permendiknas-no-22-tahun-2006-tentang-standar-isi-ktsp. Diakses pada 28 November 2017.

Fitriansyah, Rahmawan. Perbandingan-kurikulum-2004-kbk-2006-ktsp-dan-2013. https://www.academia.edu/5771571/Perbandingan-kurikulum-2004-kbk-2006-ktsp-dan-2013. Diakses pada 28 November 2017.

NCTM. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf. Diakses pada 28 November 2017.

OECD. 2015. PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA). FRANÇAIS DEUTSCH. HTTP://WWW.OECD.ORG/PISA/. DIAKSES PADA 28 NOVEMBER 2017.

SMAN 1 Pare. 2017. Laporan Daya Serap UN dan US Tahun Pelajaran 2016/2017. Kediri. SMA Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri. http://sman1pare.sch.id/kurikulum/hasil-uan. Diakses pada 28 November 2017.

Kemendikbud. 2017. Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP). http://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/#. Diakses pada 28 November 2017.

Kemendikbud. 2017. Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP). http://puspendik.kemdikbud.go.id/inap-sd/#. Diakses pada 28 November 2017.

An-Nabhani, Taqiyuddin. 2008. Kepribadian Islam. Jakarta Selatan. HTI Press.

Kasman, K. 2010. Pendidikan Islam Menurut Hizbut Tahrir. Surabaya. UIN Surabaya. (online).https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiE8byN2KTRAhXGLY8KHfHhA60QFggkMAE&url=http%3A%2F%2Fdigilib.uinsby.ac.id%2F8595%2F7%2FBab%25204.pdf&usg=AFQjCNHGLVewT_PhySoyF_PMO1EoYCfIEA&sig2=N5GY07pG69brOAUuuDaPtA (diakses pada Tanggal 03 Januari 2016).

An-Nabhani, Taqiyuddin. 2015. Hakekat Berpikir. Bogor. Pustaka Thariqul Izzah. Pp. 28.

An-Nabhani, Taqiyuddin. 2008. Kepribadian Islam. Jakarta Selatan. HTI Press. Pp. 388.

Yuda, G.P.I, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis-Otak (Brain-Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Di Desa Sinabun. Singaraja. Jurusan PGSD, Jurusan BK FIP Universitas Pendidikan Ganesha.Jurnal. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105496&val=1342. Diakses pada Tanggal 03 Januari 2016.

Binangun, H. H. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, FTMIPA, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. JKPM, Vol.01, No.02, 01 Jun 2016, hlm. 204–214. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/download/1188/1074. Diakses pada 28 November 2017.

Nugroho, S. A, dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal FKIP UNS. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3250. Diakses pada 28 November 2017.

Nurmantoro, M. A. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika & IPA, Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1659. Diakses pada 28 November 2017.

Abdurrahman, M. 2014. Membangun Pemikiran Cemerlang. Bogor. Pustaka Thariqul Izzah. hlm. 4

An-Nabhani, Taqiyuddin. 2008. Kepribadian Islam. Jakarta Selatan. HTI Press. hlm. 388.

Binangun, H. H. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika, FTMIPA, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. JKPM, Vol.01, No.02, 01 Jun 2016, hlm. 204–214. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/download/1188/1074. Diakses pada 28 November 2017.3]

Nugroho, S. A, dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Geometri. PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal FKIP UNS. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3250. Diakses pada 28 November 2017.

Kusumawati, N. 2013. Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/467. Diakses pada 28 November 2017.

Febriyanti, E. A. W, dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, TP, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwj0pp7fw-DXAhXDNI8KHVPDBGIQFggzMAE&url=https%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJPGSD%2Farticle%2Fdownload%2F3540%2F2859&usg=AOvVaw2bw785FsHn5mok7MYiixOA. Diakses pada 28 November 2017.

Yuda, G.P.I, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis-Otak (Brain-Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Di Desa Sinabun. Singaraja. Jurusan PGSD, Jurusan BK FIP Universitas Pendidikan Ganesha.Jurnal. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105496&val=1342 Diakses pada 28 November 2017.

Khasanah, A. U. dan Lestariningsih. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Brain Management (Manajemen Otak) Pada Materi Eksponen dan Logaritma. Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol.3, No.1, April 2015 ISSN: 2337-8166. http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/jpm/article/view/55/52. Diakses pada 28 November 2017.

Nurmantoro, M. A. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika & IPA, Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1659. Diakses pada 28 November 2017.

Hanun, F. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan AwalTerhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian. Https://Www.Academia.Edu/28651932/Pengaruh_Metode_Pembelajaran_Dan_Kemampuan_Awal_Terhadap_Hasil_Belajar_Matematika. Diakses pada 28 November 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23