Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Siswa Berpendekatan Matematika Realistik Untuk Siswa Kelas VIII

Penulis

  • Monif maulana
  • Suparman Suparman

Kata Kunci:

need analisys, LKS, realistic mathematics.

Abstrak

This study aims to describe the needs of teachers and students to the Student Worksheet (LKS) with a realistic mathematics approach. The method in this research is descriptive qualitative. This research was conducted in MTs N 2 Gunungkidul. Subjects in this study were VIII grade students of MTs N 2 Gunungkidul, consisting of 90 students. The instruments of data collection are questionnaires, observation guides, and interview guides. Questionnaires are used to collect data on learning resources, student creativity, and learning facilities. Interview guide to collect information on learning activities. Observation guidelines are used to collect learning resources data. The results showed that students need LKS based on realistic mathematics education approach, because students need to understand the concept of math by constructing their knowledge that related to their life.

Referensi

Arfinanti, Nurul. 2014. Lembar Kerja Siswa Pada Materi Himpunan Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal PHENOMENON, Volume 4 Nomor 1.

Idris Invany, Desri Kristina Silalahi. 2016. Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1 (1) 73-82

Komariyah, Siti. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Masalah Untuk Kelas VII Smp Pada Materi Himpunan. Riau: SKRIPSI-Universitas Pasir Pengaraian

Majid, A. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, Fitri dan Endang Listyani.2012. Pengembangan LKS untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kratif Matematis dengan Pendekatan Open-Ended pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Ejornal FMIPA Universitas Negeri Yogyakata Edisi 2 Volume 2..

Permendiknas. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Cipta Jaya.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syahrir. 2010. Metodelogi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka

Uno, Hamzah B dan Masri Kuadrat. 2010. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Berbasis Kecerdasan. Jakarta : Bumi Aksara

Zulkardi & Purwoko. 2009. Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika,3 (1), 61-74.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23