PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • Yohanes Ovaritus Jagom

Kata Kunci:

Thinking Process, Story Problem, Social Arithmetic.

Abstrak

This research is a qualitative descriptive research. The purpose of this study is to know the thinking process of junior high school students in solving the story problem on the subject of social arithmetic. This research was conducted at SMP ANGKASA KUPANG CITY. The research subjects were 3 students consisting of one student with high mathematical ability, one moderate, and one with low ability. The results showed that the thinking process of the subject with high mathematical ability in solving the story problem on the subject of social arithmetic is included in the conceptual thinking process because the subject is able to meet the steps in conceptual thinking. Furthermore, the subject with moderate mathematical ability shows semi conceptual thinking process in solving the story problem on the subject of social arithmetic, it is because the subject is able to meet most of the steps in thinking semi-conceptual. Meanwhile, the subject with low ability shows computational thinking process in solving the story problem on the subject of social arithmetic, it is because the subject meets most of the steps in thinking computational.

Referensi

Abdullah. Hakikat Matematika, Pembelajran Matematika, Dan Teory Belajar Untuk Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika. Universitas Islam Riau. 2016.

Abyfarhan. Teori Belajar Matematika Menurut Bruner, Gagne, Thorndike, Skinner, Piaget. Online: (http://www.abyfarhan.com/2011/12/teori-belajar-matematika-menurut-bruner.htmlVKVSodKUcuo).2011.

Erik Santoso. Berpikir dan Proses Berpikir Matematis (Bagaiman Terjadi Proses Berpikir Secara Umum Dalam Diri Manusia – Belahan Otak Kiri dan Kanan) Jakarta PT. Ilmu Jaya. 2014.

Dahram Adytia I Md, dkk. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 Di SD Negeri I Banjar Bali.e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan ganesha Jurusan PGSD Vol. 4 No. I. 2016.

Juliah. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu.2012.

Kasma Labuga. Deskripsi Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII Smp. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo. 2015.

Khasanah ummi. Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa

SMP. Artikel Publikasi.UM Surakarta. 2015.

Evijayanti Widya.Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Soasial. Publikasi Ilmiah Universitas Muhamadiah Surakarta. 2015.

Retna Milda, Dkk. Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 1, No. 2, September 2013 ISSN 2337- 8116 . 2013.

Rokhimah Siti. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman Universitas Negeri Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: UNES 2015.

Reni wulandari. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Statistika Pada Siswa Kelas XI Semester 1 Man Karanganom Klaten T.A 2009/2010. Skripsi Tidak dipublikasikan. USM Surakarta 2009.

Soedjadi, R.. Kiat-Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2000.

Tambunan, H. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Trigonometri dengan Strategi Heuristik. Tesis, tidak dipublikasikan. Surabaya: UNESA. 1999.

Zuhri, D. Proses Berpikir Siswa Kelas II SMP Negeri 16 Pekanbaru dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai. Tesis, tidak dipiblikasikan. Surabaya: UNESA. 1998.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23