PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Eli Yanti Minarsih
  • istiqomah Istiqomah

Kata Kunci:

think pair share, cooperative learning, learning achievement.

Abstrak

The purpose of this article is to provide a brief overview of cooperative learning model, especially the tipe of think pair share (TPS)to improve student’s mathematics learning achievement. In this leasson the teacher does not monopolize all learning activities from the beginning to the end of the leasson but the teacher plays more role a facilitator, motivator, and guide  as well as ready to perfect all the answers of questions posed by group members one to another group. Various research resuls have been carried out primarily in mathematics leassons and generally it can be concluded that the model of thingking pair share can improve student’s mathematics learning achievement.

Referensi

Handayani, Purwati. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share siswa kelas VIII di SMP N 1 Pleret. Yogyakarta: jurnal ilmiah pendidikan matematika. Vol. 2, No. 2: 127-134.

Raharjo, Kurniawan Budi. Model Pembelajaran Kooperatif [cooperative learning]. 3 November 2017. https://kurniawanbudi04.wordpress.com/2013/05/27/model-pembelajaran-kooperatif-cooperative-learning/

Rusman. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share. Sumenep: Pedagogia. Vol. 3, No. 1: 67-79.

Septiadi, Meta Galuh. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VII A Di SMP Muhammadiyah Salam Kabupaten Magelang. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.2, No. 2: 167-174.

Surna Ulfatusani. 2011. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dengan Media Cd Pembelajaran Pada Pelajaran Pkn Kelas IV C SD Negeri Tambakaji 04 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Wahyuni, RR Sri. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair share (tps) terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari motivasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kelon Progo Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 3:249-256.

Widati, Retno Setyo. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN 1 Josari Kec. Jetis Kab. Ponorogo Tahun Pelajaran 2012/2013. Ponorogo: Jurnal Aristo. Vol. 4, No. 2: 129-143.

Wulansari, Arin Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas VII MTS. YO. Nurul Huda Tanah Abang Palembang. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1: 9-14.

Riadi, Muchlisin. Strategi Belajar Think Pair Share. 1 November 2017. http://www.kajianpustaka.com/2013/04/strategi-belajar-think-pair-share.html

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23