PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Lidia Lomu
  • Sri Adi Widodo

Kata Kunci:

Motivasi, Disiplin, Prestasi Belajar

Abstrak

eningkatan mutu pendidikan adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki prestasi belajar. Adapun faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa antara lain faktor internal maupun eksternal antara lain motivasi belajar dan disiplin belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar dan disiplin belajar yang tinggi akan terlibat aktif,mempunyai inisiatif sendiri untuk belajar dan lebih tertib dalam belajar. Tujuan penulisan ini adalah: 1) untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) untuk mengatahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan,  3) untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah angket dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi dan disiplin belajar sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Mengingat  seberapa penting motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar maka perlu adanya motivasi dan disiplin yang tinggi pada diri siswa. Jadi dapat disimpulkan berhasil tidaknya siswa  dalam belajar dapat dilihat dari prestasi yang dicapainya. Untuk itu perlu memaksimalkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar agar tujuan pendidikan berjalan lancar, teratur, efektif dan efisien.

Referensi

RR Sri Wahyumi dan Esti Harini, 2014. “Pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap presrasi belajar matematika ditinjau dari motivasi siswa kelas X SMA negeri 1 pengasih kulon progo tahun pelajaran 2013/2014â€. vol 2 No 3, halaman 250.

Febti Rumsiyati, 2017, “ Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkopâ€. Vol 5 No 1. Halaman 79.

Tutik Pudjiwati, 2010. “ Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Kristen Purwodadi†Halaman 3, 10,16 dan 22.

Sumiyati,2012, â€Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kapuhanâ€.

Tri Pujiastuti,2015,†Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di MI Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015â€.

Edi Mustofa,2013,â€Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Motivasi Berprestasi Praktek Sepeda Motor Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakartaâ€.

Carolus Adi Porwono,2014, “Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Cangkringan Tahun Ajaran 2013/2014â€.

Risqi Amalia, 2016, “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V A MI Ma ‘ Arif Bego Depok Slemanâ€.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Hamalik, Oemar.2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23