ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH POLIYA SISWA SMK

Penulis

  • Septiani Sularningsih
  • Arin Battijanan
  • Sri Adi Widodo

Kata Kunci:

Kesulitan, Pemecahan Masalah, Model Poliya

Abstrak

Matematika dikenal sebagai ilmu yang bersifat abstrak yang dapat melatih kemampuan kritis, logis, analisis dan sistematis.  Matematika merupakan dasar dari segala bidang ilmu, sehingga sangat penting dipelajari oleh setiap individu. Kesulitan siswa dalam menyelesaiakan soal matematika terjadi karena  kurangnya pemahaman, kesulitan dalam membayangkan konsep, kesulitan dalam perhitungan  dan menerjemahkan jawaban.Poliya (1985) mengartikan pemecahan masalah sebagai satu usaha mencari jalan keluar dari satu kesulitan  guna mencapaisatu tujuan yang begitu mudah segera untuk dicapai. Poliya dalam merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yaitu  memahami masalah,  menyusun rencana,melaksanakan perencanaan dan melihat  kembali.Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berdasarkan lembar tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesulitan yang dialami siswa dalam  memecahkan masalah matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa ditinjau dari pemecahan masalah menurut poliyakesalahan siswa dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai dan memahami materi yang sudah diberikan.

Referensi

Rangga, G, 2013. “Analisis Kesalahan dan Solusinya Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas X SMA Negri 01 Kodi Nusa Tenggara Timurâ€. Skripsi. Malang : Universitas Wisnuwardhana.

Widodo, S. A, 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Pembuktian Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. 46(2)

Eri, S, 2017. “Analisis kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Analisis Newman.Jurnal Pendidikan Matematikaâ€. Yogyakarta : Universitas Sarjanawiyata Tamasiswa

Yulina, A. L. P, 2012. “Analisis Tipe-Tipe Kesalahan pada Penyelesaian Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel padaSiswa Kelas VIII SMP Kristen 02 Salatigaâ€. Salatiga: UKSW

Moleong, L. J. 2000. “Metodologi Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ernawati, 2014. “Analisis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan luas dan volume bangun ruang siswa kelas VIII SMP Piri Ngaglikâ€. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Rudtin, N. A . “Penerapan langkah polya dalam model problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita persegi panjangâ€

Rode, Getrudis .R, 2013. “Analisis kesalahan dan solusinya dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas X SMA Negri 01 Kodi Nusa Tenggara Timurâ€. Malang : Universitas Wisnu Wardhana.

Rindyana, Bunga .S .B . “ Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis newman†. Malang : Universitas Negri Malang.

Angraeni, Fevi. “Penerapan model polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TSM SMK Negri 1 Parigi dalam menyelesaikan masalah soal cerita sistem persamaan linear dua variabelâ€. SMK Negeri 1 Parigi Kabupaten Parigi Moutong : Provinsi Sulawesi Tengah

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23