PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Khoirudin Anwar
  • Tri Ari Sasongko
  • Sri Adi Widodo

Kata Kunci:

learnin achievements mathematics, cooperative learning, Numbered Heads Together (NHT).

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sewon tahun pelajaran 2017/2018 antara yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan dengan model konvensional atau ceramah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B dan VII CSMP Negeri 4 Sewon tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 64 siswa dengan masing-masing kelas, berjumlah 32 siswa. Dalam penelitian ini diambil 1 kelas secara simple random sampling dengan cara diundi, dengan hasil kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) sedangkan kelas VII C sebagi kelas control dengan menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah

Referensi

Sofyan, A. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika dengan Pembelajaran Numbered Head Together. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 1, Maret 2017, halaman 34. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Leviana, I. (2017). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah dengan Media Komik. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 1, Maret 2017, halaman 99-100. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Widyastuti, N.T. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Team Accelerated Instruction pada Siswa Kelas VIIB SMP Muhammadiyah Salam. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2 Nomor 3, November 2014, halaman 304. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Widodo, S.A. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Kompleks Tahun Akademik 2013-2014. Taman Cendekia. 1(1)

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamdani, ( 2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Nglipar Tahun Ajaran 2013/2014 : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Darmini, N. N, Lasmawan, W., & Dantes, N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tehnik STAD Terhadap Hasil Belajar Dilihat dari Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, Volume 3 Tahun 2011.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23