PENGEMBANGAN YOUTUBE PEMBELAJARAN BERBASIS KI HADJAR DEWANTARA UNTUK MATERI INTEGRAL DI SMA

Penulis

  • Sofyani Wigati
  • Dwi Sri Rahmawati
  • Sri Adi Widodo

Kata Kunci:

YouTube, TriN (niteni, nirokke, nambahi), Integral.

Abstrak

Melihat perkembangan pendidikan saat ini, pengajar memerlukan media pembelajaran untuk membantu proses belajar mengajar. Perkembangan teknologi membawa dampak positif bagi  pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah banyaknya media social seperti YouTube. YouTube adalah video online yang dapat digunakan untuk media pembelajaran. Media pembelajaran ini dapat dibuat dengan menerapkan ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu Tri N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Niteni artinya  mengamati media pembelajaran yang ada, Nirokke artinya meniru membuat media pembelajaran dan Nambahi artinya menambahkan supaya media pembelajaran lebih baik. Media pembelajaran untuk Matematika sangatlah diperlukan supaya peserta didik tidak menanggap matematika itu sulit tetapi menyenangkan. Tujuan dari  penulisan ini adalah mengembangkan YouTube untuk pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara pada materi Integral di SMA dan mengetahui tingkal kelayakan YouTube yang dibuat untuk pembelajaran baerbasis Ki Hadjar Dewantara pada materi Integral di SMA.

Referensi

Muhamad Ngafifi. 2014.â€Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budayaâ€. Jurnal Pengembangan Pendidikan (Vol.2 Nomor 1). Hlm 34.

Imam Prasetyo.2016 “Pengembangan Multimedia Biligual untuk Pembelajaran Mandiri Pokok Bahasan Geometri di SMAâ€. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Riduansyah.2016 “Pengembangan Multimedia Biligual untuk Pembelajaran Mandiri Pokok Bahasan Geometri di SMAâ€. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Ipung Kurniawan Yunianto. 2014. “Niteni, Niroke, Nambahi Sebagai Proses Berpikir Kreatifâ€, Jurnal Seni Rupa (Vol.2 Nomor 2 ). Hlm.128 – 129

Hidayati dan Ana Firotun Nisa. 2015.â€Implementasi Ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Membangun Sikap Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasarâ€. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FKIP UST.

Muhammad Nur Wangid. 2009. “ Sistem Among Pada Masa Kini : Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan,†Jurnal FIP ( Vol. XXXIX Nomor 2). Hlm 2

Sukarni. 2012 “Memanfaatkan Youtube sebagai Media Pembelajaran yang Interaktif, Menarik dan Menyenangkanâ€

David, Mariam dan Harilama Stefi. 2017.â€Pengaruh Konten Vlog terhadap Pembentukan Sikap Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu social dan Politik Universitas Sam Ratulangi,â€Jurnal Penelitian. ( Vol. VI Nomor 1). Hlm 3

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23