PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA

Penulis

  • Linda Septika Sari
  • Sri Adi Widodo

Kata Kunci:

approach rendering, liveliness, learning achievements

Abstrak

One of the problems of the world education in indonesia is the low students achievement .There are several factors that make the students achievement, the internal and external factors. The internal factor is the derived from the students and the external factor is a factor outside such as environment, facilities and ways of learning. Approach of instruction in did in school is one of the factors that affect learning achievements , in indonesia usually still use that the conventional approach where learning is centered to teachers .One of the approaches demands involvement , liveliness students are rendering approach .Then , the purpose of writing is  (1 ) to know the rendering approach to learning achievements ( 2 ) to know the liveliness learning to learn math achievement .So that in this report , predicted that learning by approach rendering

Referensi

Arief Sadiman.2003. Pengertian Pengembangan dan Manfaatnya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Agustina Sri Purnami dan Risma Endah.2017.†Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbehered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika,†Jurnal Pendidikan Matematika (Union) . (Vol 5 Nomor 3) . Halaman 303-312

Ayuni Rizka dan Rani Sugiarni .2017. “ Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra di Lingkungan Pesantren “. Jurnal Pendidikan Matematika (Union) . (Vol 5 Nomor 3) . halaman 219- 228

Depdiknas.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dimiyati.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Halim, Abdul.2009. Matematika, Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Arruz Media

Kemendikbud.2013. Pelatihan Pendamoingan Kurikulum 2013. Jakarta : Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.

Majelis Luhur Taman Siswa. 2013. Ki hadjar Dewantara: Bagian Pertama (Pendidikan). Yogyakarta. UST-Press

Manurung.2013. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Belajar Tuntas Pada Pokok Bahasan Pecahanâ€. Prosding Seminar Nasional Matematika Terapan ( Vol 1 nomor 4). Halaman 192

M.Hosman. 2014. Pendekatan saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Ratumanan, Tanweygerson.2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: FKIP Universitasi Pattimura

Widodo, S.A. (2013).Implementasi Team Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA kelas Z se-kota Yogyakarta Pada Materi Trigonometriâ€.Jurnal Pendidikan Matematika. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1)

RR Sri Wahyuni dan Esti harini .2014. “ Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo Tahun ajaran 2013/2014â€. Jurnal pendidikan Matematik (Union). (Vol 2 nomor 3) Halaman 249-257

Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

-------------------.2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung : Sinar Baru Bandung

Suhartati.2016.†Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas X MAN Banda Acehâ€. Jurnal Peluang. (Vol 4 nomor 2) Halaman 56-63

Syah,Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan . Bandung: PT Rosdakarya.

Uyoh Sadulloh.2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Yani, Ahmad.2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung : CV Alfabeta

Zainurie. 2007. Pakar Matematika Bicara Tentang Prestasi Pendidikan Matematika Indonesia . http://zainurie.wordpress.com

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23