PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII

Penulis

  • Marince Rihi
  • Maria M Kerokong
  • Sri Adi Widodo

Kata Kunci:

Student Team Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar Matematika

Abstrak

Hasil belajar yang baik dan memuaskan adalah harapan peserta didik, orangtua peserta didik dan seluruh pihak yang terkait. Namun, pada kenyataannya harapan tersebut seringkali tidak terwujud. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain siswa itu sendiri, mata pelajaran, guru dan orang tua,serta strategi belajar mengajar. Mengacu pada permasalahan diatas, maka diperlukan perbaikan proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika diantaranya dengan mengubah pembelajaran konvensional. Dengan harapan agar  siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran,dan  adanya kerjasama dalam proses pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) diharapkan bisa menjawab permasalahan hasil belajar matematika. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui secara teori penerapan metode pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional dalam pembelajaran matematika.

Referensi

Evi Mei Handayani. 2012. Efektifitas Penerapan Tipe TGTTerhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Seminar. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: UST.

Ika Krisdiana. 2009. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat Kelas X SMA di Kota Madiun. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Noor Anifah, Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2, No.2, hal 185 – 198, Edisi April 2014. Diunduh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Nur Rohmah. 2011. Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar fisika peserta didik kelas VII pada materi pokok Getaran dan Gelombang di SMP Islam Al- Kautsar Semarang tahun pelajaran 2010 /2011. Semarang. Walisongo Press.

I Made Giantara ,Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN MARGA.

Chrisnawati, E.H. (2007). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa SMK (Teknik) Swasta di Surakarta Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal MIPA, 17, (1), 65-74.

Dewiatmini, Pramita. (2010). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Himpunan Siswa kelas VII A SMP 14 Yogyakarta dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ferdianto, Wanda. (2011). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Dienes Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV Semester II di SD Negeri Salatiga I. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamdu, G. dan Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12, No. 1 Hal. 90-96.

Harnawita, (2008). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode STAD dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Murid Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pakar Pendidikan, 6, (1), 27-40.

Krisnadi, Didik. (2009). Penerapan Model Pembelajaran STAD Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Rahayuningsih, Rahmawati. (2011). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 1 Wadaslintang Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Semseter II Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Sugiyatno. (2010). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Widyantini. (2008). Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Muhammad Noor Kholid. 2012. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Surakarta.

Tabrani. 1991. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Asriadi & Baso Intang Sappaile. 2015. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6 No. 1, hal 30 – 40. Diunduh dari http://-jurnal-januari-2015-pengaruh-model-pemb-asriadi-unhalu. Pada tanggal 13 november 2016

Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Rusman. 2012. Model –Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Asmani, Jamal. M., (2011). Buku internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Diva Press, Jogjakarta.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eveline Siregar & Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23