PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SMP BERBASIS ETNOMATEMATIKA KRATON YOGYAKARTA

Penulis

  • Dafid Slamet Setiana

Kata Kunci:

--

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan perangkat pembelajaran untuk menstimulasi berpikir kritis matematis di SMP berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta, (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran untuk menstimulasi berpikir kritis matematis di SMP berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis matematis berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta kemudian menguji penerapannya pada pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp, (2) Produk yang dihasilkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan perangkat evaluasi yang berupa tes kemampuan berpikir kritis yang berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta, (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk menstimulasi berpikir kritis berbasis etnomatematika Kraton Yogyakarta yang valid, praktis, dan efektif.

Referensi

D’Ambrosio, U. (2006). Preface. Prosiding, International Congress of Mathematics Education Copenhagen. Pisa: University of Pisa.

Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Facione, P. A. (2010). Critical thinking: what it is and why it counts, 2010 update. Insight Assessment. Diakses: 17 Agustus 2016, dari: http://www.insightassessment.com/pdf_files/what&why2006.pdf.

Fagin, B., Harper, J., Baird, L., Hadfield, S., & Sward, R. (2006). Critical thinking and computer science: implicit and explicit connections. Journal of Computing Sciences in Colleges, 21(4), 171-177.

Litbang Kemendikbud. (2015). Survei internasional PISA. Diakses tanggal 5 Agustus 2016 Tersedia di: http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa/tentang-pisa.

Masek, A., Yamin, S. (2012). The impact of instructionalmethods on critical thinking: a comparison of problem-based learning and conventional approach in engineering education. International Scholarly Research Network.

Moore, B. N. & Parker, R. (1994). Critical thinking: Evaluating claims and arguments in every day life. California: Mayfield Publishing Co.

Onions, P. E. W. (2009). Thinking critically: An introduction, working paper. Diakses tanggal 17 Agustus 2016 dari http://www.patrickonions.org/docs/academic/2009%20Thinking%20critically.pdf

Pithers, R.T., & Soden, R. (2000). Critical thinking in education: A review. Educational Research, 42(3), 237-249.

Plomp, T. (1997). Educational and training system design. Enschede. The Netherlands: University of Twente.

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada.

Scriven, M., & Paul, R. (2007). The critical thinking community: Foundation for critical thinking. Defining critical thinking. Diakses tanggal 5 Agustus 2016 dari http://www.criticalthinking.org/aboutCT/define_ critical_thinking.cfm.

Suhadi. 2007. Penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson Study. Makalah disampaikan pada Pelatihan Lesson Study untuk Guru SMP se-Kabupaten Hulu Sungai Utara. Hulu Sungai Utara, Kalimantan 27-31 Mei 2007.

TIMSS. (2015). TIMSS 2015 International results in mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Witton, P., Elliott, M. (2003). Indonesia (7th ed.). Footscray: Lonely Planet Publications.

Zhang, W. & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematicscurriculum. Journal of Mathematics Education. 3(1), pp. 151-157. Diakses tanggal 5 Agustus 2016 dari http://educationforatoz.com/images/_12_Weizhong_Zhang_and_Qinqiong_Zhang.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23