ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XI IPA MA ALI MAKSUM

Penulis

  • Sumargiyani Sumargiyani
  • Muhammad Iqna Hibatallah

Kata Kunci:

Masalah matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, barisan dan deret.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi barisan dan deret yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 5 siswa kelas XI IPA B MA Ali Maksum Krapyak Bantul. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan tes. Teknik analisis data melalui tiga aktivitas, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah yang dipaparkan oleh Polya : 1) Memahami masalah yang diberikan seperti mengindentifikasi informasi yang diketahui, syarat yang harus dipenuhi, dan hal yang dipertanyakan, 2) Melakukan perencanaan penyelesaian masalah melalui cara menuliskan bentuk matematis atau model matematikanya, 3) Melaksanakan prosedur yang benar dan teliti dalam menyelesaikan perencanaan, 4) Melakukan pemeriksaan kembali atas hasil yang diperoleh serta menuliskan kesimpulan yang benar dari solusi permasalahan. Selain itu terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang disebabkan: 1) Kurang memahami masalah yang diberikan, 2) Perencanaan penyelesaian masalah yang tidak tepat, 3) Tidak teliti dalam perhitungan, dan 4) Ragu-ragu dengan hasil penyelesaian masalah yang diperoleh.

Referensi

Ariani, Suci dkk. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Vol. 3 No. 1 (2017). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/304. Diakses tanggal 25 November 2017

Delyana, Hafizah.2015.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Jurnal : Lemma Vol.2 No.1 . Diakses tanggal 01 Desember 2017

Dewiyani. 2008. Mengajarkan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Langkah Polya. (Online), Vol. 12, no 2. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/122088796.pdf. . Diakses Tanggal 27 November 2017

Hasratuddin.(2012). Membangun Karakter Melaui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pndidikan Matematika Paradikma Vol 6 No 2 hal 130-141 http://download.portalgaruda.org/article.php?art. Diakses tanggl 01 Desember 2017

Hadi,Sutarto dan Radiyatul (2014) Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendisikan Matematika edu-mat. vol. 2. no. 1. hlm 53-61 http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/603/515. Diakses tanggal 1 Desember 2017

Mawaddah, Siti dan Hana Anisah. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hlm 166 – 175 diakses dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=444169&val=9364&title tanggal 22 November 2017

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: NCTM. Inc.

Usman, S. 2007. Strategi Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Cerita di Sekolah Dasar. (Online), Vol . 2 no 2. http://isjd.pdii.lipi.go.idadminjurnal2207341351.pdf. Diakses Tanggal 27 November 2017

Windari, Fimatesa dkk. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Vol. 3 No. 2 (2014) http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1182 diakses 27 November 2017

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. Bumi Aksara.

Yarmayani, Ayu. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Vol 6. No. 2 http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/9/12. diakses tanggal 24 November 2017

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23