EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Ari Puspitaningsih
  • A.A Sujadi

Kata Kunci:

Example non Example learning method, Mathematic Learning Achievement, Triangle

Abstrak

Example Non Example (EnE) towards mathematic learning achievement. This research was a quasi experimental research. Sampling technique in this research used Cluster Random Sampling technique. Data collection technique used documentation and tests. The data analysis technique used t-test. The result of this research shows that learning using EnE methode is more effective than learning using conventional method in increasing students’ learning achievement in mathematic. It is shown by the result of the t-test with thitung = 2,232> ttable= 1,99773. The suggestion from researcher is that it will be better if the teacher can choose the suitable method for the learning activity in order to increase students’ learning achievement in mathematic.  

Referensi

Agus, Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Damiati (2013) “Pengaruh Model Pembelajaran Example non Example terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas VII MTSN KarangRejo Tulungagung†Skripsi: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung Program Studi Tadri Matematika.

DEPDIKNAS. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Miftahul, Huda. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhibbin, Syah.2011.Psikologi Pendiddikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nurul, Astuti Yensi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Argamakmur. Jurnal Exacta (Vol. X No. 1). Bengkulu: Universitas Bengkulu. Diakses dari http://repository.Unib.ac.id/490/. Tanggal akses 24 Februari 2017.

Rosmawati, H. 2006. Penggunaan Teknik Probing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Bandung: UPI.

Sugiyono. 2012.MetodePenelitianPendidikan : PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______ .2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakttik Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung :PT Remaja RosdaKarya.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23