UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII SMP N 1 NANGGULAN KULON PROGO

Penulis

  • Titis Arista Susanti
  • Benedictus Kusmanto
  • Tri Astuti Arigiyati

Kata Kunci:

interest, learning achievement, jigsaw

Abstrak

The purpose of this research are to describe the process of implementation of the Cooperative learning models type jigsaw to increase the interest and student achievement learning in class VIII D SMP N 1 Nanggulan Kulon Progo. The results showed an increase in every indicator of student  interest proceeds. In the first cycle the average value of the interest indicator of 70,50% increased in the second cycle into 78,50%. While the average math student achievement learning increased from 60,01 in the pre-cycle to 73,44  in the first cycle after the second cycle increased to 75.

 

Referensi

A.M Sardiman. 200. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

____________. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2009

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

________________.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta 2006

________________.2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara 2008

________________.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta 2010

________________.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta 2013

_________________. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media Yogyakarta

Fadhillah,Arini Sofiana. 2014.Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VIII A SMP Al-Ma’arif Bantul. Skripsi.Yogyakarta.UST

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajawali Pers

Jihad, Asep dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo

Kunandar.2009. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Rajawali Pers

________.2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nur, Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya University Press

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-23