Pengaruh perhatian orang tua, latar belakang pendidikan dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika Siswa SMP

Tugiyono Tugiyono

Sari


Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh perhatian orang tua, latar belakang pendidikan dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika SMP se-Kecamatan Sleman tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif. Populasinya siswa SMP se-Kecamatan Sleman kelas VII, berjumlah 1018 siswa. Sampel sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel : sampel acak. Teknik pengambilan data menggunakan angket & test. Pengujian hipotesis 1, 2, 3 menggunakan korelasi parsial, hipotesis 4 menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian : (1) Terdapat pengaruh secara signifikan yang positif pada perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP se-Kecamatan Sleman, sumbangan efektif adalah 12,4 % (2) Terdapat pengaruh secara signifikan yang positif pada latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP se-Kecamatan Sleman, sumbangan efektif adalah 6,2 %. (3) Terdapat pengaruh secara signifikan yang positif antara minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP se-Kecamatan Sleman, sumbangan efektif adalah 10,6 % (4) Terdapat pengaruh secara signifikan yang positif pada perhatian orang tua, latar belakang pendidikan dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP se Kabupaten Sleman, sumbangan efektif sebesar 29,2 %.


Kata Kunci


perhatian orang tua; latar belakang pendidikan; minat; prestasi belajar



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/jkpp.v1i2.3744

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
JKPP (Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jkpp.

JKPP Stats