Implementasi Tri Pusat Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) di SLB Negeri Purworejo

Gunawan Fathony

Sari


Implementasi Tri Pusat Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) di SLB Negeri Purworejo sudah cukup baik. Hal ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Lingkungan keluarga anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Purworejo berusaha memberikan jaminan emosional kepada anak dengan membantu anak agar mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan secara layak. Oleh karena itu, banyak orang tua yang rela meluangkan waktu untuk mengantar jemput anak serta memenuhi kebutuhan sekolah anak agar mereka nyaman. Mereka juga berupaya menanamkan dasar pendidikan moral bagi anaknya agar sejalan dengan program di sekolah tersebut. Akan tetapi, dukungan masyarakat setempat untuk menyelenggarakan pendidikan formal maupun non formal bagi anak maupun biaya, serta sarana dan prasarana bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus juga masih minim. (2) Faktor-faktor yang mendukung dalam implementasi Tri Pusat Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) di SLB Negeri Purworejo meliputi: adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah Provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten/Kota, terjalinnya kerjasama yang baik antara guru, siswa, orang tua siswa, dan masyarakat, serta didukung dengan adanya dana BOS serta beasiswa untuk anak kurang mampu secara ekonomi tidak terkecuali anak Anak Berkebutuhan Khusus. (3) Faktor-faktor yang menghambat meliputi: kurangnya guru yang khusus memiliki keahlian untuk mendidik anak berkebutuhan khusus serta kurangnya kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan sekolah.

 

Abstract: the implementation of the Tri Center for Education (Ki Hajar Dewantara) at Purworejo State SLB is quite good. This can be explained as follows: (1) The family environment of children with special needs at Purworejo State SLB seeks to provide emotional security to children by helping children to get their rights to get a proper education. Therefore, many parents are willing to take the time to take their children to pick up and fulfil their children's school needs so that they are comfortable. They also try to instil the basis of moral education for their children to be in line with the program at the school. However, the support of the local community to organize formal and non-formal education for children and the costs, as well as facilities and infrastructure for the education of children with special needs is also still minimal. (2) The supporting factors in the implementation of the Tri Education Center (Ki Hajar Dewantara) at Purworejo State SLB include: full support from the provincial government and the regency/city government, establishing good cooperation between teachers, students, parents of students and the community, and supported by the presence of BOS funds and scholarships for economically disadvantaged children, including children with special needs. (3) The inhibiting factors include lack of special teachers who have the expertise to educate children with special needs and lack of student discipline in complying with school regulations.


Kata Kunci


tri pusat pendidikan; SLB Negeri Purworejo; anak berkebutuhan khusus



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/jkpp.v2i1.6134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Creative Commons License
JKPP (Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jkpp.

JKPP Stats