IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM PRAKTIK MEMBATIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Ade Irmiati a:1:{s:5:"id_ID";s:36:"Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa";}, Indonesia
  • Ari Setiawan
  • Desy Tri Inayah

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v9i2.13944

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran teaching factory (TEFA) dalam pembelajaran praktik membatik, yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan penerapan dan 3) hasil. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan telah terlaksana dengan baik, hal ini dilihat melalui analisis proses pembelajaran TEFA sebelumnya yang meliputi waktu, materi, dan produk yang dibuat; 2) pelaksanaan penerapan sudah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan tersedianya SDM yang kompeten, adanya kerjasama yang baik dengan DUDI, namun untuk sarana dan prasarana masih kurang memadai; 3) Hasil penerapan sudah baik, hal ini dibuktikan dengan adanya produk yang diikutkan dalam pameran batik yang ada di Yogyakarta maupun mengikuti kegiatan lomba kompetensi sekolah.

 

Kata kunci: pembelajaran, teaching factory, batik

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to determine the implementation of the teaching factory learning model (TEFA) in the practical learning of batik, which includes: 1) planning, 2) implementation and 3) outcomes. Methods of data collection using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used in this study include: data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results of the study show that: 1) the planning has been carried out well, this can be seen through an analysis of the previous TEFA learning process which includes time, materials, and products made; 2) the implementation is quite good, this is evidenced by the availability of competent human resources, good cooperation with DUDI, but the facilities and infrastructure are still inadequate; 3) The results of the implementation have been good, this is evidenced by the existence of products that are included in batik exhibitions in Yogyakarta and participating in school competency competition activities.

 

Keyword: learning, teaching factory, batik practice

Downloads

Download data is not yet available.

References

Listyaningsih, Administrasi Pembangunan, pendekatan Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Tin Dels Marce Ndawu, “Hubungan Minat Membatik dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” Keluarga, vol. 4 No 1, 2019, doi: https://doi.org/10.307388/keluarga.v4i1.5226.

W. G. Ricky, Manajemen Teaching Factory. Yogyakarta: Pratama Publishing, 2016.

D. H. M, “Model Pembelajaran Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif,” no. 229.

Direktorat Pembinaan SMK, Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud, 2017.

Y. P. Dewi, S. Mariah, and T. Factory, “Penerapan Apd Dalam Teaching Factory Pada Program Keahlian Tata Busana Di Smk Negeri 6 Yogyakarta,” vol. 7, no. 1, pp. 41–48, 2021.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, 2015.

K. Handayani, S. Mariah, M. T. Factory, P. S. Kriya, U. Peningkatan, and K. Industri, “Implementasi Manajemen Teaching Factory Di Prodi Kriya Kulit SMKN 1 Kalasan Pendahuluan,” vol. 1, no. 1, pp. 122–136, 2018.

C. B. M. Sinaga, S. Mariah, and A. S. S. Sari, “Penerapan Etos Kerja dalam Teaching Factory pada Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik dan Tekstil di SMK Negeri 1 Kalasan,” in Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2022. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/58755

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Irmiati, A., Setiawan, A., & Tri Inayah, D. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM PRAKTIK MEMBATIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA . Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(2). https://doi.org/10.30738/keluarga.v9i2.13944

Citation Check

Most read articles by the same author(s)