PENERAPAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MENJAHIT KELAS X TATA BUSANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 2 SLEMAN

Authors

  • Regita Sherly Utami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v6i2.7856

Keywords:

K3LH, APD, SOP, Praktik Menjahit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis penerapan K3LH dalam pembelajaran praktik menjahit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian 1) Keberadaan kebijakan K3 dalam bentuk poster yang dipajang di salah satu ruang praktik siswa kelas XII, tetapi belum didukung oleh peraturan hukum dan sanksi dari sekolah, 2) Penerapan APD pada K3LH dalam pembelajaran praktik belum cukup baik, ini ditunjukkan oleh siswa yang masih belum menggunakan APD sepenuhnya sesuai dengan potensi bahaya, 3) SOP tersedia dalam bentuk poster dan ditampilkan di salah satu ruang praktik siswa kelas XII, tetapi untuk penerapan SOP pada K3LH dalam pembelajaran praktik masih kurang, 4) hambatan K3LH selama pembelajaran praktik yaitu, kurangnya fasilitas untuk mendukung kelancaran praktik siswa, sementara pendukung K3LH selama pelajaran praktik yaitu sadarnya aka kebersihan ruangan tempat praktik dengan selalu menjaga kebersihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Regita Sherly Utami, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas sarjanawiyata tamansiswa program studi pendidikan kesejahteraan keluarga

References

A. S. Sari and R. Setyaningsih, “Teacher Perceptions of Followership Value on Graduate Students of VHS,†Taman Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 78, 2018.

S. Mariah and A. S. Sari, “Revitalizing the role of teachers in practice learning to increase vocational students readiness,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1273, no. 1, 2019.

Internasional Labor Organization, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sarana Untuk Produktivitas. Jakarta: Internasional labor Office, 2013.

Wowo Sunaryo, Ergonomi dan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Suma’mur, Higine Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: CV. Sagung Seto, 2009.

A. dan A. Taufan, “standar kesehatan dan keselamat kerja (k3) industri pada pembelajaran praktik permesinan di SMK,†J. Pendidik. Tek. mesin, vol. 6, no. 1, pp. 112–117, 2019.

S. V. Winata, “PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE ( SOP ) PADA CHOCOLAB,†vol. 1, no. April, 2016.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet, 2015.

Suwardi dan Daryanto, Pedoman Praktis K3LH. Malang: Penerbit Gava Media, 2018.

Ernawati, tata busana jilid 1. Semarang: Pembinaan Sekolah Menangah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Sri Prihati, Dasar Teknologi Menjahit 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013.

Indasah, Kesehatan Lingkungan Sanitasi, Kesehatan Lingkungan dan K3. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2017.

R. Tambunan, Standard Operating Procedures (SOP) Edisi 2. Jakarta: Maeistas Publishing, 2013.

A. Rachmi, T. D. Susanto, and A. Herdiyanti, “Pembuatan Standard Operating Procedure ( SOP ) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja Itil V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan ( Studi Kasus : PT .,†Tek. pomits, vol. 3, no. 2, pp. 176–177, 2014.

Endah Nur Fatimah, Mudah Menyusun SOP. Indonesia: Pustaka Baru Press, 2015.

M. dan K. Gusti Ayu, “Pengaruh Pembeljaran Praktik Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Motorik dan Motivasi Belajar Siswa SMP di SLB A Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015,†J. Penelit. dan Eval., vol. 5, no. 1, p. 4, 2015.

Published

2020-09-19

How to Cite

Utami, R. S. (2020). PENERAPAN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK MENJAHIT KELAS X TATA BUSANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 2 SLEMAN. Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(2), 94–102. https://doi.org/10.30738/keluarga.v6i2.7856

Issue

Section

Citation Check