METODE HAND ON COOKING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PRAKTIK PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA DI SMK BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan praktik pengolahan makanan Indonesia menggunakan metode hands on cooking. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Uji instrumen menggunakan expert judgment. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hands on cooking dapat meningkatkan keterampilan praktik pengolahan makanan Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata persentase pada pra tindakan, siklus I dan siklus II. Rata-rata kemampuan keterampilan praktik pengolahan makanan Indonesia pada pra tindakan sebesar 53,44% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus I menjadi 73,13% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 79,69% pada kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hands on cooking efektif meningkatkan keterampilan praktik pada pengolahan makanan Indonesia serta siswa mempelajari, mencoba tantangan dengan kreatif dan inovatif sekaligus memecahkan masalah.
Â
This study aims to improve the students’ skill of Indonesian food organization practice by using hand on cooking method. The type of this study was a classroom action research. Data collection methods used observation and performance test. The research instruments were observation guideline and test. The instrument test used expert judgment. Data analysis techniques used descriptive and qualitative analysis. This study shows that the use of on cooking teaching method could improve the students’ skill of Indonesian food organization practice. The improvement could be seen from the percentage average of pre cycle, cycle I and cycle II. The percentage mean score of Indonesian food organization practice skill of pre cycle was 53.44% in enough category, improved in cycle I became 73.16% in good category and improved again in cycle II became 79.69% in very good category. Thus, it could be concluded that the use of on cooking teaching method could improve the students’ skill of Indonesian food organization practice.
Rincian Artikel
Authors who publish with Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in  Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in  Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and gre
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2010.
A. S. Sari and S. Mariah, “The Effectiveness of Sea-Based Blended Learning eBook on The Subject of Cookies and Candies,†in International Conference of Social Science, 2019, p. 16, doi: 10.4108/eai.21-9-2018.2281185.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosada Karya, 2004.
Sangidu, Metode Penelitian Sastra, Pendekatan Teori, Metode, dan Kiat. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2004.
Akhmad Sudrajat, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Agensindo, 2009.
David L. Haury & Peter Rillero, Perspectives of Hands On Science Teaching. Columbus: The ERIC Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environmental Education, 1994.
Sanjaya W, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2006.
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Syaiful Sagala, Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta, 2010.
Rina Setyaningsih dan Sri Wahyu, “Peningkatan higiene dan sanitasi melalui penerapan standard operating procedure (SOP),†Taman Vokasi, vol. 8 No 1, 2020, doi: 10.30738/jtv.v8i1.7315.
Sri Wahyu Andayani dan Rina Setyaningsih, “Efektivitas Penggunaan Standar Operasional Prosedur Hiegiene dan Sanitasi Pengolahan Makanan,†Sci. tech, vol. 7, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Esti Supraptiningsih, “Upaya Guru Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Dengan Metode Praktik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Panggang Gunung Kidul Yogyakarta,†Ilm. Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 1, 2015.
Herlina Marita Budiarti, “Penerapan Kedisplinan Kerja Siswa IX Dalam Kegiatan Praktik Mata Pelajaran Tata Hidang di Sekolah Menengah Kejuruan,†Ilm. Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 5, 2019.
Prihastuti Ekawatiningsih, Restoran Jilid 3 untuk SMK. Klaten: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Pailazuddin dan Ermalinda, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta, 2014.
Asep Jihad dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press, 2009.