UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Hartini Hartini SMP N 3 Pandak

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v7i1.8350

Kata Kunci:

learning outcomes, Jigsaw cooperative learning techniques, craft lesson

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar Prakarya melalui teknik jigsaw (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya melalui pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP 3 Pandak Bantul tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dari keaktivan peserta didik, dan tes dua siklus. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa  siklus I 74.51%, siklus II 100%. Terjadi peningkatan aktivitas 25,49%.  Nilai rata-rata hasil belajar juga meningkat, sebelum tindakan 60.67, siklus I 71.00, siklus II 82.67. Berdasarkan interpretasi dari hasil analisis, dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya di SMP 3 Pandak.

 

This study aims to: (1) increase the activity of students in learning skills through engineering jigsaw Farming Technology (2) improve learning outcomes through the Aquaculture Technology Skills Jigsaw cooperative learning techniques. This research is a classroom action research. Sources of data in this study were students of class VIII A junior 3 Pandak Bantul 2017/2018 school year totaling 30 students. Collecting data using observation sheet of active learners, and two test cycles. Analysis of data using qualitative descriptive.The results showed that the activity of 74.51% students first cycle, the second cycle of 100%. An increase in the activity of 25.49%. The average value of learning outcomes also increased, before the act of 60.67, 71.00 the first cycle, second cycle 82.67. Based on the interpretation of the result of the analysis, from this research it can be concluded that through the jigsaw  method can improve students learning outcomes in craft subject at SMP 3 Pandak.

 

Biografi Penulis

Hartini Hartini, SMP N 3 Pandak

Pembina Tk.I / IV b

Referensi

D. dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2006.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Maisaroh dan Rostrieningsih, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor,†J. Ekon. dan Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 157–172, 2012, doi: 10.21831/jep.v7i2.571.

A. dan M. Zaini, “Meningkatkan Hasil Belajar menggunakan Tipe Jigsaw pada Materi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pematang Karau dengan Media Leaflet,†J. Pembelajaran Biol., vol. 6, no. 2, pp. 25–28, 2017.

I. W. K. Wati, A. S. Sari, Widodo, and R. Setyaningsih, “Media Need Analysis of Learning Practicum in the Covid-19 Pandemic,†J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 155–162, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/9441.

W. Hutabarat, “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hidrokarbon,†J. Penelit. Bid. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 53–58, 2015.

A. S. Sari and S. Mariah, “The Effectiveness of Sea-Based Blended Learning eBook on The Subject of Cookies and Candies,†in International Conference of Social Science, 2019, p. 16, doi: 10.4108/eai.21-9-2018.2281185.

T. Budiningsih, “Upaya meningkatkan keterampilan siswa pada pengolahan minuman dari buah segar melalui metode penemuan terbimbing,†J. Edukasi, vol. 15, no. 1, pp. 156–167, 2017.

F. D. Rousana, S. Mariah, and A. S. Sari, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan,†J. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik., vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jkpp/article/view/5252.

Anita Lie, Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo, 2004.

E. dan S. Richmiyati, “Peningkatan Keterampilan Mendengarkan dengan Pembelajaran Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2012/2013,†J. Caraka, vol. 2, no. 1, pp. 30–44, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.30738/caraka.v2i1.1907.

A. A. I. Yasri, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat dan Mesin Pertanian (PTK Pada Siswa Kelas XI Penyuluh Pertanian SMK Negeri 2 Walenrang),†J. Pendidik. Teknol. Pertan., vol. 3, pp. 1–14, 2017.

K. Rahayu, “Penerapan Metode Jigsaw untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Pengolahan Hasil Samping Seralia dan Umbi,†J. Pendidik. Ris. dan Konseptual, vol. 1, no. 1, p. 98, 2017, doi: 10.28926/riset_konseptual.v1i1.13.

Rochiati Wiriaatmaja, Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Rosda Karya, 2005.

L. A. Aprilia, E. W. Setyaningtyas, and S. Slameto, “Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013,†WACANA Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, p. 61, 2018, doi: 10.30738/wa.v2i1.2529.

D. B. dan Rabiman, “Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Injeksi Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman,†J. Taman Vokasi, vol. 3, pp. 444–453, 2015.

K. Asiatun and D. Mardapi, “Evaluasi Program Pendidikan Ketermapilan PKK pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kabupaten Sleman,†Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 3, no. 4. 2004, doi: 10.21831/pep.v3i4.2074.

E. Ermawati and W. Widowati, “Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Menulis Siswa SMP Taman Dewasa Jetis,†WACANA Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, vol. 4, no. 1, p. 23, 2020, doi: 10.30738/wa.v4i1.6052.

R. Faiffiniati, “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Lesson Study Peserta Didik Kelas VIII A SMP 1 Jetis Tahun Pelajaran 2015/2016,†Dwijawara, vol. 11, no. 2, pp. 10–20, 2016.

T. S. Widyaningsih, “Penggunaan Metode Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 3 Banguntapan,†Dwijawara, vol. 11, no. 2, pp. 39–49, 2016.

S. Maemunatun, “Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Muatan Lokal Keterampilan Tata Busana Melalui Metode Pelatihan Berbasis Inkuiri,†J. Ilm. Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 2, no. 2, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.30738/keluarga.v2i2.1937.

E. B. Wea, “Peningkatan Pembelajaran Pembuatan Busana Pesta Pada Mata Pelajaran Custom Made Melalui Pendekatan Problem Solving,†J. Kel., vol. 6, no. 2, pp. 178–188, 2020.

Muhammad Wendy Fathur Rahman dan Trisakti, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Materi Lagu Nusantara Kelas Viii E Smpn 3 Sidayu Gresik,†J. Pendidik. Sendratasik, vol. 3, no. 1, pp. 138–163, 2015.

Rumiyatun, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi,†J. Pendidik. Ekon. Din. Pendidik., vol. VII, no. 1, pp. 43–52, 2012, doi: https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4916.

S. Juwahir, “Penerapan Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif,†J. Taman Vokasi, vol. 6, pp. 46–52, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-03

Terbitan

Bagian

Artikel