PENERAPAN APD DALAM TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui 1) penerapan APD dalam Teaching Factory dan 2) pendukung dan hambatan APD dalam Teaching Factory. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Â Hasil penelitian 1) Penerapan APD dalam Teaching Factory dibagi menjadi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan perawatan. Perencanaan dilakukan dengan membuat SOP, pelaksanaan belum dilaksanakan secara maksimal, masih ada siswa mengabaikannya selama pembelajaran praktik, perawatan APD belum dilaksanakan secara periodik. 2) Pendukung pada penerapan APD yaitu fasilitas yang tersedia tidak mengacu pada standar dunia industri sehingga penerapan APD kurang maksimal, faktor pendukung sarana dan prasaranayang terdapat di laboratorium dapat diupayakan sekolah untuk proses pembelajaran siswa sehingga dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran Teaching Factory.
Â
The purpose of this study is to find out the application of APD and the resistence and supports of APD in Teaching Factory. This type of research in descriptive qualitative. Methods of data collection include: observation, interview, and documentation. Data validity is done by trianggulation techniques. Data analysis techniques use data collection, data reduction, data presentation, conclution. The results of the study 1) The application of APD, include; the planning, then implementation and the maintaining of APD, the Planning by making SOP policy, the implementation of APD has been not optimally, applicated of APD are still ignoring during practical lesson, the Maintaining of APD has not been carried out periodically. 2) The resistence of APD facilities does not refer to industry standards so that APD is not optimal, the support existing infrastructure in the laboratory can be pursued by school to support the success of teaching factory learning process.
Rincian Artikel
Authors who publish with Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in  Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in  Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and gre
Referensi
Abdul Majid dan Chaerul Rohman. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi K3. Bandung: Rosmant
Aldina Putri dan Anggri Sekar Sari. 2019. “Representasi Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sanitasi, Higiene Dan Kesehatan Keselamatan Kerja Di SMK†Jurnal Keluarga (Vol. 5 Nomor 1 2019).
Arifin. 2014. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 2 Depok Sleman, Pendidikan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Buntarto. 2009. Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian II. Bandung: Imperial Bhakti Utama
Chryssolouris. 2016. “The Teaching Factory: A Manufacturing Education Paradigm.†Procedia CIRP (Vol. 57 No 44-48 2016).
Greiner dan Weiman. 2014. Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Malang: Gunung Samudera
Heny dan Isyeu. 2012. Analisis Data Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Indasah. 2017. Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi, Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press
Isti Rahayu dan Nany Sunarti. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pendidikan
Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menghias Busana Di SMKN 2 Godeanâ€Jurnal Keluarga (Vol. 1 Nomor 1 2015).
Kuswantoro. 2014. Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga
Lexy J moleong. 2007. Manajemen Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press
Patricia Mcquaid. 2011. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ricky W Grifty. 2016. Manajemen Teaching Factory. Yogyakarta: Parama
Publishing
Septina, 2016. Teaching Factory Rencana dan Nilai
Entrepreneurship.Yogyakarta: Graha Ilmu
Setiawan, 2014. Teaching Factory Rencana dan Nilai Entrepreneurship.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Siswanto, dkk. 2015. Belajar Dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suma'mur. 2013. Kesehatan Kerja dalam Perspektif Hiperkes & Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga
Suharsimi Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Bandung: Rineka Cipta
Wieke putri. 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba
Zuriah. 2000. Pemgembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana