PENERAPAN APD DALAM TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Penulis

  • Yua Paramita Dewi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v7i1.8362

Kata Kunci:

APD, Teaching Factory, SOP

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui 1) penerapan APD dalam Teaching Factory dan 2) pendukung dan hambatan APD dalam Teaching Factory. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.  Hasil penelitian 1) Penerapan APD dalam Teaching Factory dibagi menjadi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan perawatan. Perencanaan dilakukan dengan membuat SOP, pelaksanaan belum dilaksanakan secara maksimal, masih ada siswa mengabaikannya selama pembelajaran praktik, perawatan APD belum dilaksanakan secara periodik. 2) Pendukung pada penerapan APD yaitu fasilitas yang tersedia tidak mengacu pada standar dunia industri sehingga penerapan APD kurang maksimal, faktor pendukung sarana dan prasaranayang terdapat di laboratorium dapat diupayakan sekolah untuk proses pembelajaran siswa sehingga dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran Teaching Factory.

 

The purpose of this study is to find out the application of APD and the resistence and supports of APD in Teaching Factory. This type of research in descriptive qualitative. Methods of data collection include: observation, interview, and documentation. Data validity is done by trianggulation techniques. Data analysis techniques use data collection, data reduction, data presentation, conclution. The results of the study 1) The application of APD, include; the planning, then implementation and the maintaining of APD, the Planning by making SOP policy, the implementation of APD has been not optimally, applicated of APD are still ignoring during practical lesson, the Maintaining of APD has not been carried out periodically. 2) The resistence of APD facilities does not refer to industry standards so that APD is not optimal, the support existing infrastructure in the laboratory can be pursued by school to support the success of teaching factory learning process.

Biografi Penulis

Yua Paramita Dewi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Referensi

Abdul Majid dan Chaerul Rohman. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi K3. Bandung: Rosmant

Aldina Putri dan Anggri Sekar Sari. 2019. “Representasi Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sanitasi, Higiene Dan Kesehatan Keselamatan Kerja Di SMK†Jurnal Keluarga (Vol. 5 Nomor 1 2019).

Arifin. 2014. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 2 Depok Sleman, Pendidikan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Buntarto. 2009. Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian II. Bandung: Imperial Bhakti Utama

Chryssolouris. 2016. “The Teaching Factory: A Manufacturing Education Paradigm.†Procedia CIRP (Vol. 57 No 44-48 2016).

Greiner dan Weiman. 2014. Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory. Malang: Gunung Samudera

Heny dan Isyeu. 2012. Analisis Data Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Indasah. 2017. Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi, Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press

Isti Rahayu dan Nany Sunarti. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pendidikan

Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menghias Busana Di SMKN 2 Godeanâ€Jurnal Keluarga (Vol. 1 Nomor 1 2015).

Kuswantoro. 2014. Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga

Lexy J moleong. 2007. Manajemen Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press

Patricia Mcquaid. 2011. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ricky W Grifty. 2016. Manajemen Teaching Factory. Yogyakarta: Parama

Publishing

Septina, 2016. Teaching Factory Rencana dan Nilai

Entrepreneurship.Yogyakarta: Graha Ilmu

Setiawan, 2014. Teaching Factory Rencana dan Nilai Entrepreneurship.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Siswanto, dkk. 2015. Belajar Dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suma'mur. 2013. Kesehatan Kerja dalam Perspektif Hiperkes & Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga

Suharsimi Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Bandung: Rineka Cipta

Wieke putri. 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba

Zuriah. 2000. Pemgembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-03

Terbitan

Bagian

Artikel