PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PEMBUATAN BODY LINE DILENGKAPI TERJEMAHAN BISINDO BAGI MAHASISWA TUNARUNGU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran video  pembuatan body line dilengkapi terjemahan bisindo menggunakan model pengembangan ADDIE, 2) Memperoleh media pembelajaran video pembuatan body line dilengkapi terjemahan bisindo yang layak digunakan, 3) Mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran video pembuatan body line dilengkapi terjemahan bisindo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: a) analisis, b) perencanaan, c) pengembangan dan produksi, d) uji coba implementasi, e) Evaluasi. Validasi dan reliabilitas menggunakan judgment experts oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa : 1) Media pembelajaran video dengan terjemahan bisindo, 2) Kelayakan pada media pembelajaran video dilengkapi terjemahan bisindo dengan kategori sangat layak 93.3%, 3) Tanggapan mahasiswa terhadap media pembelajaran video dengan terjemahan bisindo termasuk dalam kategori sangat setuju  63.8% .
Â
This study aims to: 1) Develop a video learning media for body line making equipped with bisindo translation using the ADDIE development model, 2) Obtain a video learning media for body line making equipped with bisindo translation that is suitable for use, 3) Knowing student responses to video learning media for bodyline making with bisindo translation. This type of research is Research and Development with the ADDIE development model with the following stages: a) analysis, b) planning, c) development and production, d) implementation trials, e) evaluation. Validation and reliability using judgment experts by 2 media experts and 2 material experts. Data collection using questionnaires and documentation. Data analysis using descriptive statistics. The results of this development research are in the form of: 1) Video learning media with bisindo translation, 2) Feasibility of video learning media equipped with bisindo translation in the very feasible category of 93.3%, 3) Student responses to video learning media with bisindo translation fall into the category of strongly agree with 63.8%.
Rincian Artikel
Authors who publish with Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in  Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in  Keluarga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and gre
Referensi
Syaiful Bachri, Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Wikipedia (Online), “Anak Berkebutuhan Khusus,†Oktober 2020.
Indah Purwanti, “Studi Kasus Tentang Pemahaman Orantua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN Kembangan Kecamatan Kebomas Malang,†2012.
E. Purwanta, H. Hermanto, and F. Harahap, “ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK BERWIRAUSAHA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS,†J. Cakrawala Pendidik., vol. 35, no. 3, Oct. 2016, doi: 10.21831/cp.v35i3.11444.
G. Kwesi, “The Use Of Visual Art Forms In Teaching And Learning In Schools For The Deaf In Ghana: Investigating The Practice,†vol. 2, no. 5, p. 15, 2013.
R. A. Mursita, “RESPON TUNARUNGU TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM BAHASA ISYARAT INDONESA (SIBI) DAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) DALAM KOMUNIKASI,†INKLUSI, vol. 2, no. 2, p. 221, Dec. 2015, doi: 10.14421/ijds.2202.
Endang Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta, 2011.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
S. Listyaningrum, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA DASAR BADAN SISTEM BUNKA BERBASIS VIDEO DI SMK DIPONEGORO DEPOK,†vol. 6, no. 2, p. 14, 2020.
Universitas Negeri Malang, S. Anugerah, S. Ulfa, and A. Husna, “Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar,†JINOTEP J. Inov. Dan Teknol. Pembelajaran Kaji. Dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 76–85, Oct. 2020, doi: 10.17977/um031v7i22020p076.
Agung Purwaningtyas, “Pengembangan Video Berbasis BISINDO untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Tunarungu,†Tesis, UNNES, 2019.
I. W. K. Wati, A. S. Sari, Widodo, and R. Setyaningsih, “Media Need Analysis of Learning Practicum in the Covid-19 Pandemic,†J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 155–162, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/9441.