STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMBUATAN POLA KONSTRUKSI BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis

  • Nia Daniarti Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga UST

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v7i1.9112

Kata Kunci:

learning strategy, construction pattern, SMK

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pembelajaran praktik pembuatan pola konstruksi di SMK, meliputi: 1) perencanaan pembelajaran; 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) evaluasi hasil belajar. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian kepala jurusan, guru dan siswa tata busana kelas X di SMK Muhammadiyah Gamping Sleman Yogyakarta pada tahun akademik 2019/202. Metode pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabshan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran praktik pembuatan pola konstruksi telah dipersiapkan dengan baik yang ditunjukkan adanya RPP, media dan materi yang digunakan, tetapi kurang dikembangkan secara maksimal. (2) Pelaksanaan pembelajaran praktik pembuatan pola konstruksi sudah cukup baik, yang ditunjukkan metode tanya jawab, diskusi, penugasan, ceramah, demonstrasi dan Project Based Learning (PBL); media pembelajaran menggunakan contoh gambar-gambar dan ukuran pola, power point serta alat untuk membuat pola yang dilengkapi dengan handout dan jobsheet untuk membantu pemahaman siswa dalam membuat pola konstruksi. (3) Evaluasi hasil belajar pembuatan pola konstruksi cukup baik, berdasarkan nilai dokumen siswa yang meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor.

 

The purpose of this study was to describe and analyze the learning strategy of construction pattern making practices in vocational schools, including: 1) lesson planning; 2) implementation of learning, and 3) evaluation of learning outcomes. This type of research is descriptive qualitative, with the research subjects of the head of the department, teachers and students of class X fashion at SMK Muhammadiyah Gamping Sleman Yogyakarta in the 2019/202 academic year. Data collection methods include: observation, interviews and documentation. Keabshan data was done by triangulation. Data analysis techniques include: data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results showed (1) the planning for the practice of making construction patterns was well prepared, which was indicated by the existence of RPP, the media and materials used, but not yet fully developed. (2) The learning implementation of the construction pattern making practice is quite good, as shown by the question and answer method, discussion, assignments, lectures, demonstrations and Project Based Learning (PBL); The learning media uses examples of pictures and pattern sizes, power points and tools for making patterns that are equipped with handouts and jobsheets to help students understand how to make construction patterns. (3) Evaluation of learning outcomes of construction pattern making is quite good, based on the value of student documents which include cognitive, affective, and psychomotor assessments

Referensi

S. Mariah and A. S. Sari, “Revitalizing the role of teachers in practice learning to increase vocational students readiness,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1273, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1273/1/012039.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.

M. Ulfa, “Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika,†Mathema J., vol. 1, no. 1, pp. 48–55, 2019.

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

A. S. Sari and I. W. K. Wati, “Visibility of Learning Media of a Culinary-Based Electronic Magazine in Blended Learning,†J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 26, no. 1, pp. 35–42, 2020, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/28018.

Raharjanti dan Siti Mariah, “Strategi Pembelajaran Pembuatan Pola Drapping Pada Siswa Tata Busana Di Sekolah Menengah Kejuruan,†Jurna Ilm. Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 2, pp. 41–50, 2016.

I. W. K. Wati, A. S. Sari, Widodo, and R. Setyaningsih, “Media Need Analysis of Learning Practicum in the Covid-19 Pandemic,†J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 155–162, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/9441.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet, 2015.

Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Sudarman Danim, Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.

L. Sugiarti, “Pengaruh Bahan Ajar Terhadap Kualitas Hasil Belajar Materi Konstruksi Pola Pada Prodi Pkk Tata Busana,†Fash. Fash. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 48–54, 2013.

Agun Paluping Dyah.R., “Pelaksanaan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Busana Wanita Kelas XI Busana di SMK N 4 Yogyakarta,†UNY, 2012.

D. Febrina, “STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERDASARKAN STANDAR PROSES DI SMA NEGERI 7 PADANG Jurnal Buana – Vol-2 No-1 tahun 2018 PENDAHULUAN Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan mengajar seperti dijelaskan dalam Republik Indonesia Nom,†no. 1, pp. 338–349, 2016.

I. Padangsidimpuan, “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang,†vol. 03, no. 2, pp. 333–352, 2017.

A. S. Sari and S. Mariah, “The Effectiveness of Sea-Based Blended Learning eBook on The Subject of Cookies and Candies,†in International Conference of Social Science, 2019, p. 16, doi: 10.4108/eai.21-9-2018.2281185.

S. N. Aini and P. Sudira, “Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila,†J. Pendidik. Vokasi, vol. 5, no. 1, p. 88, 2015, doi: 10.21831/jpv.v5i1.6077.

Ernawati dkk, “Tata Busana Jilid 2,†in Tata Busana Jilid 2, Jakarta: Direktorat Pengembangan Sekolah Kejuruan, 2008, p. 246.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

N. Kanita, “Peningkatan Keevektivan Siswa Dalam Pembelajaran Pembuatan Busana Industri Melalui Metode Demonstrasi dan Resitasi Pada Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Sawahlunto TP. 2018/2019,†vol. 2, no. april, pp. 178–189, 2019.

Tim Penyusun, Pedoman Mengajar Mikro. Yogyakarta: FKIP UST, 2014.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-21

Terbitan

Bagian

Artikel