PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KATALOG JENIS-JENIS KAIN UNTUK PEMBUATAN BUSANA

Penulis

  • Aning Waningyu Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v7i1.9151

Kata Kunci:

E-Catalog, Pembuatan Busana Wanita, Media Pembelajaran, Making Women’s Clothing, Learning Media

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran  e-katalog,;(2) mengetahui kelayakan media pembelajaran e-katalog;
(3) Mengetahui respon peserta didik terhadap e-katalog pada mata kuliah Pembuatan Busana Wanita di Program Studi PVKK UST. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D yang dilaksanakan di  Program Studi Pendidikan  Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) UST. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna (siswa). Validitas instrumen menggunakan product-moment, uji reliabilitas instrumen dengan alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan statistik kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) produk dikembangkan melalui 4 tahanan yaitu define, design, development, dan dissemination; (2) hasil uji ahli materi sangat layak digunakan dengan presentase 91,96% , dan 92,19% dari hasil validasi media; dan (3) hasil uji coba lapangan skala kecil 85,75%, dan uji coba lapangan besar 87,57% dikategorikan sangat mudah dipahami dengan respon positif.

 

This study aims to: (1) develop e-catalog learning; (2) determine the feasibility of e-catalog learning media; (3) knowing the response of students to the e-catalog in the course of Making Women’s Clothing in the UST PVKK. This research is development research with a Four-D development model carried out in the UST Family Welfare Vocational Education Study Program (PVKK). Data collection techniques through interviews and questionnaires. Product validation is carried out by material experts, media experts, and users (students). The validity of the instrument used the product-moment, test the reliability of the instrument with alpha Cronbach. The data analysis technique used quantitative descriptive statistics. The results of the research are: 1) the product is developed through 4 stages, namely define, design, development, and dissemination 2) the results of the material expert test are very suitable for use with a percentage of 91.96%, and 92.19% of the results of media validation 3) the results of field trials small scale 85.75%, and limited trial 87.57% categorized as very easy to understand with a positive response.

Biografi Penulis

Aning Waningyu, Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Referensi

P. K. Keluarga, “Brosur Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga.†Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Yogyakarta, 2018.

A. Muhson, “Pengambangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,†J. Pendidik. Akunt. Indones., 2010, doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.

S. Handayani, “Pengembangan Media Visual Berbasis Katalog pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di MI Darul Ma’arif Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan,†2018.

U. S. Tamansiswa, “Peraturan Akademik.†Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta, 2019.

N. Putra, “Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar,†in Jakarta: Raja Grafindo Persada., 2012.

A. Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta., 2010.

Sugiyono, “MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.,†Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. 2017.

M. D. P. Noorbella, “Pengembangan Media Katalog Bahan Utama Mata Pelajaran Tekstil di SMK Negeri Pringkuku Pacitan,†2018.

A. S. Sari and I. W. K. Wati, “Visibility of Learning Media of a Culinary-Based Electronic Magazine in Blended Learning,†J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 26, no. 1, pp. 35–42, 2020, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/28018.

F. D. Rousana, S. Mariah, and A. S. Sari, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan,†J. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik., vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jkpp/article/view/5252.

N. Afifah, V. P. Windayat, and R. Karno, “Kelayakan Media Pembelajaran Biologi Dalam Bentuk Spesimen Pada Materi Organ Tumbuhan Di Smpn 5 Rambah Hilir the Properness of Biology Learning Media in Specimen Form on Plant Organ Material in State High School Junior 5 Rambah Hilir,†no. 5, pp. 7–13, 2009.

G. S. Wicahyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Materi Perencanaan Pemasaran Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Ketintang Surabaya,†vol. 01, 2018.

F. D. Rousana, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Tahun Akademik 2018/2019,†2019.

E. M. Stefany, “Respon Siswa Pada Pengembangan Media Pembelajaran: Implementasi Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Denpasar,†Edutic - Sci. J. Informatics Educ., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2016, doi: 10.21107/edutic.v1i2.1546.

S. Raisa and dkk, “Respon Peserta Didik Terhadap Pengembangan Media Audio-Visual,†J. Pendidik. Sains Indones., vol. 2, 2017.

sekar S. Anggri, “Penggunaan Buku Digital Melalui Aplikasi SIGIL pada Mata Kuliah Cookies and Candys,†J. Sci. Tech, vol. 1, no. 2, p. . 46-54, 2016.

A. Ghufron, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar,†J. Cakrawala Pendidik., vol. 36, no. 2, pp. 309–319, 2017, doi: 10.21831/cp.v36i2.12449.

I. W. K. Wati, A. S. Sari, Widodo, and R. Setyaningsih, “Media Need Analysis of Learning Practicum in the Covid-19 Pandemic,†J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 155–162, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/9441.

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-25

Terbitan

Bagian

Artikel