ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Penulis

  • Anissa Noer Syafira Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.30738/keluarga.v7i1.9154

Kata Kunci:

Kesulitan, Praktik Industri, Mahasiswa, Difficulty, Industrial Practice, Student

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dialami oleh mahasiswa PVKK dalam pelaksanaan praktik industri pada tahun akademik 2019/2020. Tingkat kesulitan tersebut diukur dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 78 mahasiswa yang seluruhnya menjadi subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tahap persiapan memiliki tingkat kesulitan yang rendah dengan frekuensi relatif 80,77%, (2) tahap pelaksanaan memiliki tingkat kesulitan yang rendah dengan frekuensi relatif 79,49% dan, (3) tahap evaluasi memiliki tingkat kesulitan yang rendah dengan frekuensi relatif 69,23%. Secara keseluruhan tingkat kesulitan praktik industri adalah rendah dengan frekuensi relatif sebesar 64,59%, sehingga dapat disimpulkan praktik industri di PVKK UST memiliki kendala yang minim.

 

The purpose of this study is to understand the degree of industrial practice difficulty done by the PVKK students in the academic year of 2019/2020. The degree of its difficulty was measured from 3 stages namely, the stage of preparation,implementation, and evaluation. This type of study was descriptive research with quantitative approach. The population of this study was 78 students which also become the research subject. The data collection technique were quesionnare and documentation. The data analystis technique was descriptive analysis. The results showed that: (1) the stage of preparation has low degree of difficulty with frequency of 80,77%, (2) the stage of implementation as low degree of difficulty  with frequency of 79,49% and, (3) the stage of evaluation has low degree of difficulty with frequency of 69,23%. Overall, the degree of industrial practice diffuclty is in low category with frequency of 64,59%. Therefore, it can be concluded that the industrial practice in PVKK UST has minimum difficulties.

Referensi

Beni A. S. “Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.†Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Pelabuhan, vol. 9, no. 2, pp. 184. Maret, 2019.

Putu Sudira, Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press, 2012.

Agus N. F., Burhanuddin, dan Sultoni. “Manajemen Praktik Industriâ€. Jurnal Administrasi dan Manaemen Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 144. Juni, 2018.

Pedoman Pelaksanaan Praktik Industri, 1st ed, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Yogyakarta, Indonesia, 2018, pp. 8-10.

Ahmad M. N., Ahmad S. K. H., dan Dwi A. S. “Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batuâ€. Jurnal INVOTEC, vol. 9, no. 1, p. 9. Februari, 2015.

Wahyu A. P. (2020, Februari, 13). Kemendikbud: Magang Jangka Pendek Ganggu Aktifitas Industri [Online]. Tersedia: https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/13/21265811/kemendikbud-magang-jangka-pendek-ganggu-aktivitas-industri?page=all.

Fajar S. H., Amat M., dan Amat N. “Hambatan dan Faktor Penyebabnya Prakerin Ditinjau dari Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMKâ€. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, vol. 40, no. 2, pp. 99. September, 2017.

Dika A. A. dan A. Ali W. “Analisis Permasalahan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang.†Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 9, no. 1, pp. 11. Maret, 2016.

S. Notoadmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta 2013.

Tri K. dan Bambang N. A. K. “Analisis Pelaksanaan Prakerin Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKâ€. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial., vol. 30, no. 1, pp. 16. Juni, 2020.

Indah Ambarita, “Pengaruh Kompetensi Mengajar Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar Mahasiswa di STMIK Kaputama Kota Binjai,†M. S. Thesis, Dept. Manajemen. Universitas Sumatera Utara. Binjai. Sumatera Utara, 2016.

Vian E. C. P., Dedi K., dan Agus W. “Persepsi Mahasiswa Pada Kajian dan Praktik Lapangan Jurusan Teknologi Pendidikanâ€. Jurnal Inoasi dan Teknologi Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 66. April, 2018.

Rosita K. W. dan Sunar R. “Peningkatan Kualitas Praktik Kerja Industri (Prakerin) Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK N 2 Depok Yogyakartaâ€. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, vol. 5, no. 8, pp. 8. 2017.

Tulus R. “Analisis Kualitas Pelayanan Akademik pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukmaâ€. Jurnal of Business and Economics Research, vol. 1, no. 1, pp. 24. Februari, 2020.

Ahmad M. N., Ahmad S. K. H., dan Dwi A. S. “Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batuâ€. Jurnal INVOTEC, vol. 9, no. 1, p. 11-15. Februari, 2015

Nanik S. “Pengelolaan Praktik Industriâ€. Jurnal Manajer Pendidikan, vol. 10, no. 6, pp. 585. November, 2016.

Anas A. dan Onesimus S. “Kesiapan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Program Studi Keahlian Teknik Bangunan di Kota Makassarâ€. Jurnal Cakrawala Pendidikan, vol. 35, no. 1, pp. 84. Februari, 2016.

A. S. Sari and E. W. Karyaningsih, “Strategi pelaksanaan praktik industri terhadap ketepatan waktu pada mahasiswa,†Taman Vokasi, vol. 8, no. 1, p. 66, 2020, doi: 10.30738/jtv.v8i1.6128.

Stevani. “Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Keterampilan Siswa Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK N 3 Padangâ€. Journal of Economic and Economic Education, vol. 3, no. 2, pp. 188. April, 2015.

Ahmad M. N., Ahmad S. K. H., dan Dwi A. S. “Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batuâ€. Jurnal INVOTEC, vol. 9, no. 1, p. 9. Februari, 2015.

Saiful E., Eddy S., dan Amat M. “Pencapaian Kompetensi Prakerin Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kualifikasi Tempat, Pembimbingan, dan Umpan Balik pada Keahlian Teknik Mesin SMKâ€. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, vol. 5, no. 2, pp. 121. September, 2012.

Pedoman Pelaksanaan Praktik Industri, 1st ed, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Yogyakarta, Indonesia, 2018, pp. 23.

Muh. Yasir Y. et al. “Peran Dosen Pembimbing dalam Penyelesaian Laporan Kerja Praktik pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniryâ€. Jurnal J-Iscan, vol.1, no. 1, pp. 99. Januari-Juni, 2019.

E. W. Karyaningsih and A. S. Sari, “Strategi Pelaksanaan Praktek Industri Pada Mahasiswa PKK UST Melalui Analisis SWOT,†Wacana Akad., vol. 3, no. 2, pp. 119–132, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/4173/2720.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-24

Terbitan

Bagian

Artikel