PEMASARAN MEDIA SOSIAL, GESTALT MEREK DAN LOYALITAS PELANGAN: STUDI EMPIRIS PADA TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL
Main Article Content
Abstract
Meskipun penggunaan media sosial dalam pariwisata telah menjadi fokus banyak penelitian sebelumnya, peranan media sosial dalam membangun merek festival pariwisata masih membutuhkan kajian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji model teoritis yang menjelaskan pengaruh pemasaran media sosial (PMS) terhadap gestalt merek dan loyalitas pelanggan dalam konteks festival pariwisata. Lebih lanjut, penelitian ini menguji pengaruh mediasi gestalt merek terhadap hubungan antara pemasaran media sosial dan loyalitas merek. Untuk menjawab rumusan masalah, survei dilakukan terhadap 316 responden yang pernah menghadiri Tomohon International Flower Festival. Data kemudia diuji menggunakan model persamaan struktural dengan bantuan program statistik SmartPLS. Hasil analisis menunjukan bahwa pemasaran sosial media memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap gestalt merek dan loyalitas pelanggan. Kedua, gestalt merek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek. Ketiga, gestalt merek memediasi pengaruh pemasaran sosial media terhadap loyalitas merek.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.