Manajemen Program Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik Dalam Belajar Dari Rumah

Main Article Content

Wiyoto Wiyoto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi perencanaan, pengaturan, penggerakan, pengendalian,  menelaah tingkat efektivitas implementasi, dan memetakan kendala-kendala yang mucul selama pelaksanaan manajemen program pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam belajar dari rumah (BDR) di SMPN 1 Pengasih. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti akan menggali dan menemukan apakah pelaksanaan manajemen program PJJ sudah terlaksana dengan baik. Analisis yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Peneliti mereduksi, menyajikan, menarik kesimpulan dan memverifikasi data. Berdasarkan analisis data,  diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Perencanaan dilaksanakan melalui penetapan tujuan dan rencana kerja operasional (2) Pengaturan dilaksanakan dengan menetapkan mekanisme pengaturan pemanfaatan sumber daya, menetapkan mekanisme sosialiasi rencana kerja dan pengaturan pelaksanaan rencana kerja yang disertai dengan pendistribusian tugas dan wewenang pihak yang terlibat,  (3) Penggerakkan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat, kebijakan di level atasnya dan disesuaikan dengan penjadwalan yang telah ditetapkan sebelumnya, (4) Pengendalian yang dilaksanakan dalam bentuk pengendalian preventif, detektif dan korektif, (5) Tingkat efektivitas dapat dilihat dari tingkat kehadiran peserta didik selama pelaksanaan program PJJ dengan rata-rata kehadiran 93,61%, (6) Kendala yang dialami oleh guru meliputi faktor teknis dan faktor nonteknis.

Article Details

Section
Vol 5 No 3 (Februari) 2023

References

Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Research, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Arifin, A. S. (2015). Kecenderungan Global Pendidikan Tinggi Dan Pergeseran Paradigma Reformasi Pendididikan Tinggi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 135. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).135-154

Arifin, A. S., & Sukati. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 150. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).150-158

Barbara A. Burd, Lori, B. (2004). Teaching the teachers: teaching and learning online. Reference Services Review, 32(4), 404–412. https://doi.org/10.1108/00907320410569761

Boddy, D. (2017). Management - An Introduction (7th Editio). Pearson Education.

Burd, B. A., & Buchanan, L. E. (2004). Teaching the teachers: Teaching and learning online. Reference Services Review, 32(4), 404–412. https://doi.org/10.1108/00907320410569761

Certo, S. C., & Certo, S. T. (2016). Modern Management - Concept and Skills (14th Globa). Pearson Education.

Daft, R. L. (2016). Management (12th Editi). Cengage Learning.

Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 06(02), 545.

Detthamrong, U., Chancharat, N., & Vithessonthi, C. (2017). Corporate Governance, Capital Structure and Firm Performance: Evidence from Thailand. Research Ini Business and Finance, 42, 689–702. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2017.07.011

Engwall, L., Kipping, M., & Üsdiken, B. (2016). Defining Management. In Routledge.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. PT. Grasindo.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 75–94.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. . (2002). Instructional Media and. Technologies for Learning. Pearson Education, Inc.

Kemendikbud. (2020). Panduan: Pembelajaran Jarak Jauh – bersama hadapi korona. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Kemp, S. (2020). Social, Digital and Mobile in Indonesia - We Are Social UK - Global Socially-Led Creative Agency. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia?rq=Indonesia

Miles, M. B., & Huberman, A. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publishers.

Misha, C., & Fredrick, M. N. (2014). Strengthening student engagement: what do students want in online courses? European Journal of Training and Development, 38(9), 782–802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan Siswa Implikasinya pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3, 14–20.

Nurhayati, N. (2016). Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Belajar PKn dengan Model Pakem Siswa Sekolah. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 45. https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4949

Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan Belajar Dari Rumah ( BDR ) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di SMP N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/139/165

Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Schleicher, A. (2020). The impact of COVID-19 on education: Insights from education at a glance 2020. OECD Journal: Economic Studies, 1–31. https://www.oecd.org/education/the-impact-of-covid-19-on-education-insights-education-at-a-glance-2020.pdf

Sindhu, I. S. (2017). Educational Administration and Management. In Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory. Pearson Education in South Asia. https://doi.org/10.1007/978-981-287-588-4_100298

Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162.

Suryana, Y., Sanusi, H. P., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Empati Untuk Pemeliharaan Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Dalam Situasi Wabah Covid-19. Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, March, 1–14. http://digilib.uinsgd.ac.id/30698/

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. PT Remaja Ar-Ruzz Media.

UNESCO Institute for Statistics. (2020). Global monitoring of school closures caused by COVID-19. Education: From Disruption to Recovery. https://en.unesco.org/covid19/educationresponse

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Williams, C. (2018). MGMT10-Principles of Management (10th Editi). Cengage Learning.

Young, J., & Donovan, W. (2020). Shifting to Online Learning in the COVID-19 Spring. PIONEER INSTITUTE: Public Policy Research, April, 1–6.

Yusof, N. (2012). School climate and teachers ’ commitment : A case study of Malaysia. International Journal of Economics Business and Management Studies, 1(2), 65–75.

Zacharo, K., Marios, K., & Dimitra, P. (2018). Connection of teachers’ organizational commitment and transformational leadership. A case study from Greece. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(8), 89–106. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.8.6

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13(3), 55. https://doi.org/10.3390/jrfm13030055