Manajemen Kurikulum dalam Rangka Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius di SDIT Ar-Raihan Bantul, mengetahui hambatan-hambatan,daya dukung,dan hasil penanaman nilai-nilai karakter religius.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Sumber data :kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa,dokumen-dokumen dan peristiwa yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai karakter religius. Teknik pengumpulan data terdiri atasobservasi,wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan tahapan  reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDIT Ar-Raihan melaksanakan manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius diintegrasikan dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan berbasis masyarakat. Fungsi-fungsi manajemen kurikulum dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan dan evaluasi.Hambatan pelaksanaan manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius adalah (a) motivasi orang tua; (b) program sekolah tidak ditindak lajuti pada waktu anak di rumah; (c) program belum maksimal;(d) warga sekolah kurang mendukung program sekolah. Adapun daya dukungnya adalah  adanya fasilitas dan sumber daya manusia yang cukup, pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan antusias orang tua sangat tinggiterhadap program sekolah. Penerapan manajemen kurikulum tersebut berdampak padapeningkatan prestasi akademik dan non akademik serta sikap dan perilaku religius.
Kata Kunci: manajemen kurikulum, nilai-Nilai karakter, religius
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Andang. (2014). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Yogyakarta: ar- ruzz media.
Certo, S.C., & Certo, S.T. (2012). Modern management: Concepts and skills. Upper Saddle River, Nj: Pearson Prentince Hall.
Dewantara, K.H. (1977). Karya Ki Hajar Dewantara. Bagian Pertama: Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Direktorat PSMP. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat PSMP.
Husni Usman.(2013). Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Koesoema, Doni A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Machali.(2016). Teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di indonesia. Jakarta: Prenadamedua Grup
Murniyetti, dkk. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan karakter, 6(2).
Sugiyono.(2015). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Terry George R.(1974). The principles of management. sixthedition. Homewood Illinois: Richard Irwin.
Tyler, R.W.(2013). Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: University of Chicago Press
Usman, H. (2004). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Oemar Hamalik. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah -Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama