Manajemen Kurikulum dalam Rangka Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius

Isi Artikel Utama

Sudaryanta Sudaryanta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam rangka penanaman  nilai-nilai karakter religius di SDIT Ar-Raihan Bantul, mengetahui hambatan-hambatan,daya dukung,dan hasil penanaman  nilai-nilai karakter religius.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Sumber data :kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa,dokumen-dokumen dan peristiwa yang berkaitan dengan penanaman  nilai-nilai karakter religius. Teknik pengumpulan data terdiri atasobservasi,wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan tahapan  reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDIT Ar-Raihan melaksanakan manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius diintegrasikan dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan pembiasaan, dan kegiatan berbasis masyarakat. Fungsi-fungsi manajemen kurikulum dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan dan evaluasi.Hambatan pelaksanaan manajemen kurikulum dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter religius adalah  (a) motivasi orang tua; (b) program sekolah tidak ditindak lajuti pada waktu anak di rumah; (c)  program belum maksimal;(d) warga sekolah kurang mendukung program sekolah. Adapun daya dukungnya adalah  adanya fasilitas dan sumber daya manusia yang cukup, pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan antusias orang tua sangat tinggiterhadap program sekolah. Penerapan manajemen kurikulum tersebut berdampak  padapeningkatan prestasi akademik dan non akademik serta sikap dan perilaku religius.

Kata Kunci: manajemen kurikulum, nilai-Nilai karakter, religius

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 1 (Juni) 2019

Referensi

Andang. (2014). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Yogyakarta: ar- ruzz media.

Certo, S.C., & Certo, S.T. (2012). Modern management: Concepts and skills. Upper Saddle River, Nj: Pearson Prentince Hall.

Dewantara, K.H. (1977). Karya Ki Hajar Dewantara. Bagian Pertama: Pendidikan, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Direktorat PSMP. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat PSMP.

Husni Usman.(2013). Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Koesoema, Doni A. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Machali.(2016). Teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di indonesia. Jakarta: Prenadamedua Grup

Murniyetti, dkk. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan karakter, 6(2).

Sugiyono.(2015). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Terry George R.(1974). The principles of management. sixthedition. Homewood Illinois: Richard Irwin.

Tyler, R.W.(2013). Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: University of Chicago Press

Usman, H. (2004). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Oemar Hamalik. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah -Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama