Analisis Pengelolaan Sistem Ujian Sekolah Berbasis Android Menggunakan Aplikasi ZYACBT

Main Article Content

paulus sogen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sistem ujian sekolah berbasis android dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan sistem ujian sekolah berbasis android menggunakan aplikasi ZYACBT di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta pada bulan Januari – Maret 2022. Unit analisis dalam penelitian ini adalah informan, ativitas/kegiatan dan dokumen. Sumber data primernya adalah informan yang terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru multimedia. Sumber data sekundernya adalah aktivitas/kegiatan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis isi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen ujian sekolah berbasis android di SMK Negeri 7 Yogyakarta kaitannya dengan fungsi-fungsi manajemen bisa dikatakan sudah sangat baik karena setiap fungsi manajemen memuat atau memenuhi indikator- indikator yang ditetapkan oleh para ahli.  Selanjutnya, faktor pendukung manajemen ujian sekolah berbasis android adalah sarana dan prasarana yang memadai, antusias guru yang tinggi, tersedianya Sumber Daya Alam sekolah dan Sumber Daya Manusia sekolah yang optimal, adanya hubungan kerjasama yang baik dengan programer luar sekolah, dan usia sekolah. Sementara faktor penghambatnya meliputi jaringan internet yang kurang stabil dan adanya kendala terkait pengontrolan.

Article Details

Section
Vol 5 No 1 (Juni) 2022

References

Arifin, dkk. (2007). Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung: PT. Setia Purna Inves.

Aryaningrum, Kiki. (2016). Upaya Meningkatkan Softskill Disiplin Melalui Penggunaan Edmodo dengan Metode Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12 (2), 169-177.

Baharum, A., Wan, L. Y., Yahya, F., Nazlah, N. H., Nor, N. A. M., Ismail, I., & Noor, N. A. M. (2020). Mobile learning application. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 17(2), 1084–1090. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v17.i2.pp1084-1090

Chritina, F. d. (2016). Persepsi Guru Tentang Digital Natives, Sumber Belajar Digital dan Motivasi Memanfaatkan Sumber Belajar Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 13-24.

Hoyles, C., & Lagrange, J.-B. (Eds.). (2010). Mathematics education and technology Rethinking the terrain. New York, NY/Berlin, Germany: Springer.

Husna, P. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunukasi Sosial Keagamaan. Volume 17, Nomor 2, halaman 318.

Kamil, H., & Pramulia, F. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Ujian pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 5(3), 158-167.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan. Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Putra, E. Y., & Pamungkas, S. (2020). Implementasi Pelaksanaan Ujian Semester Berbasis Android dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri Kota Jambi. Jurnal Istoria Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari. 4 (1), 32-41.

Rukajat, A. (2018b). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Budi Utama.

Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, S., & Hidayat, T. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online (Studi Kasus Pada SMAN 58 Jakarta). Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 30-36.

Talbert, R. (2018). Flipped Learning - A Guide for Higher Education Faculty. Sterling: Stylus Publishing, 42–43.

Terry, G. R. (2009). Guide to Management terj. J. Smith DFM, Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, R. D. (2019). Aplikasi Computer-Based Test Ujian pada SMP Negeri 6 Cimahi. Jurnal Teknologi dan Informasi, 9(2), 151-160.