Kontribusi Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru

Isi Artikel Utama

Sugeng Widyantara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Se-Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 154 orang. Penelitian ini merupakan penelitian sampel populasi sehingga semua data yang masuk dianalisis. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Untuk menguji daftar angket tersebut sahih dan andal maka digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan: (1)Ada pengaruh yang positif dan signifikan kontribusi motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kepuasan kerja. Motivasi kerja yang baik, kepemimpinan kepala sekolah yang baik, dan kompensasi yang memadai maka akan memberikan dampak yang bagus pada kepuasan kerja. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kontribusi motivasi kerja terhadap kepuasan kerja. Kontribusi motivasi kerja adalah faktor yang tidak bisa diabaikan dalam usaha meningkatkan kepuasan kerja, baik dalam motivasi yang berorientasi pada evaluasi terhadap kemampuannya, pelaksanaan tugas maupun yang berhubungan dengan tanggung jawab moral. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan  kepemimpinan kepala sekolah  terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan tersebut dilihat dari segi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Kepimpinan kepala sekolah yang bagus akan memberikan kepuasan kerja kepada seluruh stake holder  sekolah tersebut. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kompensasi  terhadap kepuasan kerja. Kontribusi kompensasi  baik materiil maupun nonmateriil adalah faktor penting dalam usaha meningkatkan kepuasan kerja. Kompensasi yang memadai dan sesuai dengan kinerja akan memberikan kepuasan kerja seseorang.

Kata Kunci:motivasi kerja, kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, kepuasan kerja guru.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 1 (Juni) 2019

Referensi

Anoraga, Panji. 2009. Manajemen Bisnis. Semarang: PT. Rineka Cipta.

Ardana, I Komang, Ni Wayan Mujiati dan I Wayan Mudiartha Utama. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta. Graha Ilmu.

As’ad, M, 2001, Psikologi Industri, Edisi Keempat, Cetakan Kelima, Liberty, Yogyakarta

Gugup Kismono. 2010. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Han, Sia Tjun, Agustinus Nugroho, Endo W. Kartika, dan Thomas S. Kaihatu, 2012. Komitmen Afektif dalam Organisasi yang dipengaruhi Perceived Organizational Support dan Kepuasan Kerja, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), pp: 109-117.

Hani Handoko. 2001. Manajemen. Edisi ke-2. BPFE. Yogyakarta.

Malayu S.P. Hasibuan. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Martinis Yamin. 2006. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Maslow, Abraham, H. 1994. Motivasi dan Kepribadian. Terjemahan Nu-rul Iman. Jakarta: PT Pustaka Binawan Pressindo.

Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Robbins, Stephen P. 2002. Perilaku Organisasi. Edisi kelima. Alih Bahasa: Halida, Dewi sartika. Jakarta: Erlangga.

Rohiat, 2010, Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sibarani Panggabean, 2002, Manajenen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Surya, M. 2000. “Aspirasi Peningkatan Kemampuan Profesional dan Ke-sejahteraan Guruâ€. Jurnal Pen-didikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balitbang Depdiknas. Hal 1-12.

Susilo Martoyo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Suwanto dan Priansa, Donni Juni. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Cetakan pertama. Bandung. Penerbit Alfabeta

Viethzal Rivai dan Sylviana Murni, 2010, Education Management, Analisis Teori dan Praktik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.