Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia

Main Article Content

Neneng Desy Kurniawati
Sumargiyani Sumargiyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning materi penyajian data untuk peserta didik kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Sehingga diharapkan dengan metode Problem Based Learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia sebanyak 35 peserta didik. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas yaitu melalui empat tahap meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel bebas penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikatnya adalah keaktifan belajar. Analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu (1) analisi hasil observasi, (2) reduksi data, (3) penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian diharapkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning materi trigonometri untuk peserta didik kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia.

Article Details

Section
Vol 5 No 1 (Juni) 2022

References

Mahyuni, Siti. (2009). 200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Masidjo. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi.(2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan & Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, A. (2013).Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Taufik, Agus, dkk. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep,

Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yonny, dkk. (2010). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Melalui Pembelajaran NHT di SD 01 Brebes. Jurnal