Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran problem based learning materi penyajian data untuk peserta didik kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia. Sehingga diharapkan dengan metode Problem Based Learning dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia sebanyak 35 peserta didik. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas yaitu melalui empat tahap meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel bebas penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel terikatnya adalah keaktifan belajar. Analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu (1) analisi hasil observasi, (2) reduksi data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diharapkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning materi trigonometri untuk peserta didik kelas X Farmasi SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Mahyuni, Siti. (2009). 200+ Strategi dan Proyek Pembelajaran Aktif untuk Melibatkan Kecerdasan Siswa Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.
Masidjo. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius
Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi.(2004). Kurikulum 2004 Pertanyaan & Jawaban. Jakarta: Grasindo.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanto, A. (2013).Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Taufik, Agus, dkk. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto.(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep,
Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesment. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yonny, dkk. (2010). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi KPK dan FPB Melalui Pembelajaran NHT di SD 01 Brebes. Jurnal