Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Pendidikan Dasar

Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Pendidikan Dasar

Authors

  • Amina Divina Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • ahmad saifullah a:1:{s:5:"en_US";s:7:"student";}, Indonesia
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/mmp.v5i3.13574

Keywords:

Strategi Manajemen Humas, Citra Sekolah

Abstract

Tercapainya program-program sekolah tidak terlepas dari peran masyarat yang menjadi faktor penting dalam pembentukan citra lembaga sekolah. Pelaksanaan pengeolaan humas sebagai penyambung komunikasi antara lembaga sekolah dengan masyarakat. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi manajemen hubungan masyarakat yang efektif dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan dasar. Hasil penelitian ditemukan terdapat 5 jurnal nasional terindeks sinta yang mengulas strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra sekolah yang diperoleh dari database Publish or Perish pada sumber Google Scholar. Metode penulisan artikel menggunakan pendekatan mapping review. Selain memperhatikan fungsi manajemen sekolah, ragam strategi dapat dimanfaatkan humas dalam mengenalkan dan meningkatkan citra sekolah diantaranya koordinasi internal dan eksternal, iklan, mengadakan kegiatan dalam sekolah, terlibat dalam kegiatan masyarakat, serta melakukan analisis SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2003). Pokok-pokok Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azzah, I. Sitti., & Syukri, Makmur. (2020). Strategi Manajemen Humas dalam Membangun Citra Madrasah Azzuhri Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang. Hijri. Volume 9 Nomor 2, halaman 1 – 10.

Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam’, At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, Volume 5 Nomor 2, halaman 243–62.

Fattah, Nanang. (2006). Landasan Manajemen Pendidikan , Cet VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya.

George, R. Terry. (2000). Guide to Management. Terj.J.Smith DFM, Prinsip-prinsip Manajement. Jakarta: Bumi Aksara.

Grant, M. J., & Booth, A. (2009). A typology of reviews: An analysis of 14 review types and associated methodologies. Health Information and Libraries Journal. Volume 26 Nomor 2, halaman 91–108.

Husaini, Usman. (2006). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Cet, I. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Ahmad. (2006). Al-Idarah fi Al-Islam. Terj.Dimyauddin Djuwaini, Manajemen Syariah: sebuah Kajian Historis dan Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo.

Irman, Afandi. (2018). Manajemen Humas Dalam Membagun Citra Sekolah: Studi Kasus di SMK Yosonegoro Magetan. Online. http://etheses.uin-malang.ac.id/13089/

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Kriyantono, R. (2021). Best Practice Humas Public Relations Bisnis dan Pemerintah Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas & Public Relations Writing. Jakarta: Kencana.

Lattimore, L. (2010). Public Relations, Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Malayu, S.P., Hasibuan. (2007). Manajemen Dasar, pengertian, dan masalah.Cet. VI. Jakarta: Bumi Aksara.

Maulidiyah, Shoirotul. (2020). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Madrasah di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, halaman 1-23.

Mulyadi, Slamet. (2018). Perencanaan Humas dan Usaha Mebnagun Citra Lembaga yang Unggul. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Volume 2 Nomor 2, halaman 121-134.

Neliwati., Lubis., & Azhar. (2022). Efektivitas Manajemen Humas di Madrasah Aliyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 4 Nomor 1, halaman 1435-1442.

Nurul. (2018). Strategi Manajemen Humas dalam Menyampaikan Program Unggulan Madrasah. Al-Tanzim. Volume 2 Nomor 1, halaman 1-48.

Rahmad, A. (2016). Manajemen Humas. Yogyakarta: Media Akademi.

Robinson, P., & Lowe, J. (2015). Literature reviews vs systematic reviews. Public Health Association of Australia. Volume 39 Nomor2, halaman 103.

Ruslan, Rosady. (2018). Kampanye Publik Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sholihah, Tutut. (2018). Strategi Manajemen Humas dalam Menciptakan School Branding pada Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 3 Nomor 2, halaman 72-84.

Sihotang, A. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pradnya Paramita.

Siswanto, B. (2008). Pengantar Manajemen. Cet, IV. Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang, P. Siagian. (1998). Fungsi-fungsi Manejerial. Jakata: Bumi Aksara.

Trisnawati, Ernie dan Kurniawan Saefullah. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Divina, A., saifullah, ahmad, & Maisyaroh , M. . (2023). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Pendidikan Dasar: Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Pendidikan Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 5(3), 389–400. https://doi.org/10.30738/mmp.v5i3.13574

Issue

Section

Vol 5 No 3 (Februari) 2023

Citation Check