Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi Intepersonal dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru

Isi Artikel Utama

Imamuddin Imamuddin
Agustina Sri Purnami

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi manajamen mutu pendidikan ditinjau dari aspek kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo secara umum dan secara khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan data menggunakan instrument angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajamen mutu pendidikan ditinjau dari aspek kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo. (2) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo;(3) Komunikasi Interpersonal berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo;(4) Komitmen Organisasi  berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo.

Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi intepersonal, komitmen organisasi, kinerja guru.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 2 No 1 (Juni) 2019

Referensi

Barnawi dan Mohammad A. 2012. Kinerja guru profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Depdiknas. 2008. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru. Jakarta: Depdiknas.

De Vitto, L.A. 1998. Interpersonal communication. New York: Herper and Row Publishing Co.

Nurachadijat, Kun dan Fauzi. D.A., 2006. Membangun motivasi kepemimpinan. Jakarta: Edsa Mahkota.

Raju, P. Mohan & Srivastava, R.C. 1994. Factors contributing to commitment to the teaching proffesion. International journal of educational management, Vol. 8 (5): 7-13.

Robbins, S. 2007. Perilaku organisasi. Terj: Benyamin Molan. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sopiah. 2008. Perilaku organisasional. Malang: ANDI.

Sutrisno, E. 2007. Manajemen bumber daya manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyasa, E. 2009. Manajemen berbasis sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel, S. 2004. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.