Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komunikasi Intepersonal dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui kontribusi manajamen mutu pendidikan ditinjau dari aspek kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo secara umum dan secara khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 55 orang. Teknik pengambilan data menggunakan instrument angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajamen mutu pendidikan ditinjau dari aspek kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo. (2) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo;(3) Komunikasi Interpersonal berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo;(4) Komitmen Organisasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru Pendidikan Jasmani pada Sekolah Menengah Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo.
Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi intepersonal, komitmen organisasi, kinerja guru.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Barnawi dan Mohammad A. 2012. Kinerja guru profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Depdiknas. 2008. Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru. Jakarta: Depdiknas.
De Vitto, L.A. 1998. Interpersonal communication. New York: Herper and Row Publishing Co.
Nurachadijat, Kun dan Fauzi. D.A., 2006. Membangun motivasi kepemimpinan. Jakarta: Edsa Mahkota.
Raju, P. Mohan & Srivastava, R.C. 1994. Factors contributing to commitment to the teaching proffesion. International journal of educational management, Vol. 8 (5): 7-13.
Robbins, S. 2007. Perilaku organisasi. Terj: Benyamin Molan. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Sopiah. 2008. Perilaku organisasional. Malang: ANDI.
Sutrisno, E. 2007. Manajemen bumber daya manusia. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyasa, E. 2009. Manajemen berbasis sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winkel, S. 2004. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.