Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Eksistensi SMK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk: mengetahui peran kepala sekolah dalam mengelola sekolah untuk megembangkan eksistensi sekolah, mengetahui program-program unggulan, mengetahui kendala yang dihadapi dalam upaya mengembangkan eksistensi sekolah. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Ma’arif 1 Temon Kulon Progo. Sumber data penelitian: kepala sekolah, guru dan karyawan, ketua LP Ma’arif, komite sekolah, siswa, orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dengan: wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dengan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verivikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan: memeperpanajng waktu penelitian, triangulasi, klarifikasi hasil penelitian kepada subyek pemnelitian. Hasil Penelitian: Peran Kepala Sekolah, program-program, kendala-kendala yang dihadapi. Dari penelitian itu didapatkan peran kepala sekolah mampu mengembangkan eksisteniya dibuktikan selau bertambah tahun 2015 jumlah siswa 435, tahun 2016 jumlah siswa 469 dan pada tahun 2017 jumlah siswa 534 siswa, dengan peran kepala sekolah dalam mengembangkan eksistensinya dapat meningkatkan jumlah animo siswa mendaftar di SMK Ma’arif 1 Temon.
Kata kunci: peran kepala sekolah, program unggulan, Eksistensi SMK
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).