Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Afeksi Pada Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Di SMA Negeri 5 Yogyakarta
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mendiskripsikan (1) Implementasi manajemen pembelajaran berbasis afeksi pada penumbuhan budi pekerti yang diselenggarakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta meliputi planning, organizing, actuating dan controling, (2). Hasil pelaksanaan pendidikan afeksi pada penumbuhan budi pekerti di SMA Negeri 5 Yogyakarta, (3). Faktor kendala dan solusi pada pelaksanaan pembelajaran berbasis afeksi di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Rumber utama penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi pengumpulan data. Hasil Penelitian menunjukkan (1). Keunggulan sekolah menjadi jati diri dan kepribadian SMA Negeri 5 Yogyakarta. 2). Peningkatan kualitas kedisiplinan beribadah, pembentukan karakter, kedisiplinan pelaksanaan tata tertib, dan lain-lain. (3). Faktor kendala, adanya kewaspadaan sekolah untuk menangkal pengaruh yang kurang baik. Solusi, adanya pemahaman terhadap keunggulan sekolah berbasis afeksi.
Keyword : manajemen, pendidikan, afeksi, budi pekerti
References
Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,). Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,).
Amal Wahyudi, 2015, Emotional Spiritual Quotient Menurut Ary Ginandjar Agustian dan Relevansinya dengan Pengembangan Kompetensi Spiritual dan Kompetensi Sosial Kurikulum 2013, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisanga, Semarang.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 1991, Psikologi belajar, Cetakan pertama, Bandung , PT Rineka
Benyamin S, Bloom dkk,2003.Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. PT. Rineksa Cipta
Departemen Pendidikan Nasional,Peraturan Pemerintah Indonesia,2005,Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Goleman, Daniel.2001.Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia
Goelman, Daniel, 2003, Kepemimpinan yang mendatangkan Hasil, Cetakan Pertama, amara, Jogjakarta
Goelman, Daniel. 2007. Kecerdasan Emosional, terjemahan Hermaya, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama
Irfan Mashuri, 2014, tesis, Konsep Emotional Spiritual Quotient dalam Membentuk karakter Religieus Peserta Didik Studi Pemikiran Ary Ginandjar Agustin, Jurusan Pendidikan Agama islam, Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Marshal, Catherine & Gretchen B Rossman. 1995. Designing Qualitative Research. California: Sage Publication Inc
Miles, MB dan AM Huberman, 1994, Qualitative Data Analysis, California, SAGE Publications. Inc
Moleong, Lexy J, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 12.
Nasution, 1991, Metode research, Penelitian ilmiah, Bandung, Jammars Neuman, M. Lawrence, 2003, Methods Qualitaive and Quantitatives , fifth USA
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2004, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
UU No. 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Article Statistic
Abstract view : 288 timesPDF views : 377 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.