Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Afeksi Pada Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Di SMA Negeri 5 Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mendiskripsikan (1) Implementasi manajemen pembelajaran berbasis afeksi pada penumbuhan budi pekerti yang diselenggarakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta meliputi planning, organizing, actuating dan controling, (2). Hasil pelaksanaan pendidikan afeksi pada penumbuhan budi pekerti di SMA Negeri 5 Yogyakarta, (3). Faktor kendala dan solusi pada pelaksanaan pembelajaran berbasis afeksi di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Rumber utama penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi pengumpulan data. Hasil Penelitian menunjukkan (1). Keunggulan sekolah menjadi jati diri dan kepribadian SMA Negeri 5 Yogyakarta. 2). Peningkatan kualitas kedisiplinan beribadah, pembentukan karakter, kedisiplinan pelaksanaan tata tertib, dan lain-lain. (3). Faktor kendala, adanya kewaspadaan sekolah untuk menangkal pengaruh yang kurang baik. Solusi, adanya pemahaman terhadap keunggulan sekolah berbasis afeksi.
Keyword : manajemen, pendidikan, afeksi, budi pekerti
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,). Agus Sujanto, 2004 dkk, Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,).
Amal Wahyudi, 2015, Emotional Spiritual Quotient Menurut Ary Ginandjar Agustian dan Relevansinya dengan Pengembangan Kompetensi Spiritual dan Kompetensi Sosial Kurikulum 2013, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisanga, Semarang.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 1991, Psikologi belajar, Cetakan pertama, Bandung , PT Rineka
Benyamin S, Bloom dkk,2003.Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini. PT. Rineksa Cipta
Departemen Pendidikan Nasional,Peraturan Pemerintah Indonesia,2005,Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Goleman, Daniel.2001.Kecerdasan Emosional untuk Mencapai Puncak Prestasi (terjemahkan oleh Widodo). Jakarta: PT. Gramedia
Goelman, Daniel, 2003, Kepemimpinan yang mendatangkan Hasil, Cetakan Pertama, amara, Jogjakarta
Goelman, Daniel. 2007. Kecerdasan Emosional, terjemahan Hermaya, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama
Irfan Mashuri, 2014, tesis, Konsep Emotional Spiritual Quotient dalam Membentuk karakter Religieus Peserta Didik Studi Pemikiran Ary Ginandjar Agustin, Jurusan Pendidikan Agama islam, Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Marshal, Catherine & Gretchen B Rossman. 1995. Designing Qualitative Research. California: Sage Publication Inc
Miles, MB dan AM Huberman, 1994, Qualitative Data Analysis, California, SAGE Publications. Inc
Moleong, Lexy J, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. 12.
Nasution, 1991, Metode research, Penelitian ilmiah, Bandung, Jammars Neuman, M. Lawrence, 2003, Methods Qualitaive and Quantitatives , fifth USA
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2004, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
UU No. 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional