Keefektifan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMK

Main Article Content

Yuli Karyati

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk memberikan informasi tentang keefektifan materi, teknik, dan waktu supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Yogyakarta. Jenis penelitian yang dipergunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK SMTI, Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dipergunakan model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data adalah trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di SMK SMTI Yogyakarta, sudah efektif ditunjukkan dengan perencanaan, pelaksanaan yang meliputi teknik, waktu dan evaluasi pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah SMK SMTI Yogyakarta. Materi supervisi akademik mengacu pada Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yaitu materi pada saat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi penilaian, analisis, dan tindak lanjut pembelajaran. Teknik supervisi akademik yang dipergunakan individu dan kelompok dengan menerapkan pendekatan prinsip praktis, sistematis, obyektif, realistis, antisipatif, konstruktif, koorperatif, kekeluargaan, demokratis, aktif, humanis, berkesinambungan, terpadu, komprehensif. Waktu pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah SMK SMTI Yogyakarta dilaksanakan setiap awal semester, pemantauan pembelajaran setiap hari menggunakan aplikasi Smart Integrated Sistem (SIS).

Kata kunci : keefektifan, supervisi akademik, kualitas pembelajaran

Article Details

Section
Vol 1 No 2 (Oktober) 2018

References

Agung, Kurniawan 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta:

Pembaharuan.

Depdiknas. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dodd, W.A.1972, Primary School Inspection in New Countries, London:

Oxford University

Georgopolous dan Tanembahan.1995. Efektivitas Organisasi. Jakarta:

Erlangga

Glickman D Carld, Gordon P Stephen & Ross Gordon M Jovita. (2007).

Handayaningrat, Soewarno. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi

dan Manajemen. Jakarta : CV.Haji Masagung.

Mulyasa, E. .(2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

M. Ngalim Purwanto. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Risdakarya.

Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah

Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan

Piet Sahertian (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan:

dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta:

Rineka Cipta.

Sudira, Putu, MP. (2009). Pendidikan Vokasi Suatu Pilihan. [On line]. Tersedia: http://blog.uny.ac.id/putupanji/1009/02/17/pendidikan-vokasi-suatupilihan/.

Suharsimi Arikunto. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Suwardji Lazaruth. (1996). Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.