Keefektifan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMK
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk memberikan informasi tentang keefektifan materi, teknik, dan waktu supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Yogyakarta. Jenis penelitian yang dipergunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK SMTI, Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dipergunakan model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data adalah trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan supervisi akademik kepala sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di SMK SMTI Yogyakarta, sudah efektif ditunjukkan dengan perencanaan, pelaksanaan yang meliputi teknik, waktu dan evaluasi pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah SMK SMTI Yogyakarta. Materi supervisi akademik mengacu pada Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, yaitu materi pada saat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi penilaian, analisis, dan tindak lanjut pembelajaran. Teknik supervisi akademik yang dipergunakan individu dan kelompok dengan menerapkan pendekatan prinsip praktis, sistematis, obyektif, realistis, antisipatif, konstruktif, koorperatif, kekeluargaan, demokratis, aktif, humanis, berkesinambungan, terpadu, komprehensif. Waktu pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah SMK SMTI Yogyakarta dilaksanakan setiap awal semester, pemantauan pembelajaran setiap hari menggunakan aplikasi Smart Integrated Sistem (SIS).
Kata kunci : keefektifan, supervisi akademik, kualitas pembelajaran
References
Agung, Kurniawan 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta:
Pembaharuan.
Depdiknas. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dodd, W.A.1972, Primary School Inspection in New Countries, London:
Oxford University
Georgopolous dan Tanembahan.1995. Efektivitas Organisasi. Jakarta:
Erlangga
Glickman D Carld, Gordon P Stephen & Ross Gordon M Jovita. (2007).
Handayaningrat, Soewarno. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi
dan Manajemen. Jakarta : CV.Haji Masagung.
Mulyasa, E. .(2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Ngalim Purwanto. (2004). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Risdakarya.
Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah
Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
Piet Sahertian (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan:
dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta:
Rineka Cipta.
Sudira, Putu, MP. (2009). Pendidikan Vokasi Suatu Pilihan. [On line]. Tersedia: http://blog.uny.ac.id/putupanji/1009/02/17/pendidikan-vokasi-suatupilihan/.
Suharsimi Arikunto. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Suwardji Lazaruth. (1996). Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Article Statistic
Abstract view : 274 timesPDF views : 606 times
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.