Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri Purwodadi Sebagai Sekolah Inklusi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui analisis faktor internal dan faktor eksternal di SD Negeri, Purwodadi, Purworejo, Purwodadi, Purworejo. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri, Purwodadi, Purworejo, Purwodadi, Kabupaten Purworejo Kabupaten Purworejo, dan Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi internal dan eksternal SD Negeri, Purwodadi, Purworejo memiliki kekuatan, yaitu budaya kekerabatan yang tinggi dan saling membantu di masyarakat sekitar. Kerugian dari fasilitas bermain tidak cukup karena ada yang rusak. Peluang banyak anak usia dini yang berpotensi menjadi siswa SD. Tantangannya adalah dana dari pemerintah terbatas. Strategi yang dimaksud adalah terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana untuk menarik potensi anak usia dini ke dalam siswa SD dengan bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk mendapatkan BOS, klinik kesehatan masyarakat dan memotivasi pendidik untuk menjadi lebih profesional dan teknologi.
Kata kunci: strategi, SWOT, kualitas pendidikan
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).