Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru

Isi Artikel Utama

Trisno Wardoyo

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di sekolah dasar di Kecamatan Sentolo, Provinsi Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta secara parsial atau simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, motivasi berprestasi dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berjumlah 332 guru. Berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka total sampel penelitian adalah 77 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, dan motivasi berprestasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 59,7%. (2) Kepemimpinan transformasional berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi efektif 18,6%. (3) Iklim organisasi sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%. (4) Motivasi berprestasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%.

Kata kunci: kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, motivasi berprestasi, kinerja guru

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 2 (Oktober) 2018