Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Iklim Organisasi Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di sekolah dasar di Kecamatan Sentolo, Provinsi Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta secara parsial atau simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, motivasi berprestasi dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang berjumlah 332 guru. Berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% maka total sampel penelitian adalah 77 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, dan motivasi berprestasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 59,7%. (2) Kepemimpinan transformasional berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi efektif 18,6%. (3) Iklim organisasi sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%. (4) Motivasi berprestasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional, iklim organisasi sekolah, motivasi berprestasi, kinerja guru
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).