Kontribusi Kompetensi Pustakawan, Sarana Prasarana, dan Layanan Perpustakaan Sekolah Terhadap Manajemen Mutu Perpustakaan SMA

Isi Artikel Utama

Bekti Tri Hastuti

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi tentang kontribusi kompetensi pustakawan, sarana prasarana, dan layanan perpustakaan sekolah terhadap manajemen mutu perpustakaan sekolah pada SMA Negeri di Gunungkidul baik secara simultan maupun parsial. Variabel yang menjadi batasan penelitian ini adalah kompetensi pustakawan, sarana prasarana, dan layanan perpustakaan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMA Negeri yang berada di Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 488 siswa. Sampel penelitian sejumlah 217 siswa yang dihitung menggunakan rumus Isaac-Michael, dan diambil berdasarkan teknik propotional random sampling. Penyusunan instrumen dibuat dalam bentuk angket, dengan jawaban berskala 1-4. Validitas dihitung dengan rumus Pearson dan reliabilitasnya dihitung dengan teknik Alfa Cronbach. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi parsial, analisis regresi berganda dengan uji t dan uji F untuk mengetahui signifikansinya dan uji determinasi, serta uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji linieritas, uji normalitas, uji multikolinieritas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan, sarana prasarana, dan layanan perpustakaan sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap manajemen mutu perpustakaan sekolah pada SMA Negeri di Gunungkidul baik secara simultan maupun parsial. Ketiga variabel tersebut berkontribusi terhadap manajemen mutu perpustakaan sekolah sebesar 62,9 %.

Kata kunci: manajemen mutu perpustakaan, kompetensi pustakawan, sarana prasarana, layanan perpustakaan sekolah

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 2 (Oktober) 2018