Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar IPA

Isi Artikel Utama

Budi Susilo

Abstrak

Tujuan penelitian ini nuntuk mengetahui (1) Manajemen laboratorium dalam upaya mewujudkan prestasi belajar IPA; (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen laboratorium IPA dan (3) Prestasi belajar IPA yang dicapai siswa dengan adanya manajemen laboratorium di SMPN 3 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laboratorium IPA dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan maupun pengawasan dalam upaya mewujudkan prestasi belajar IPA di SMPN 3 Pengasih Kulon Progo sudah baik. Faktor-faktor pendukung dalam manajemen laboratorium IPA di SMPN 3 Pengasih Kulon Progo meliputi: ketersediaan sarana prasarana, ketersediaan tenaga pendidik yang kompeten, ketersediaan alam sekitar sebagai obyek dan sumber belajar, ketersediaan dana yang memadai dan dukungan orang tua/wali. Faktor-faktor penghambat manajemen laboratorium IPA meliputi: belum tersedianya tenaga laboran, alokasi waktu pemanfaatan laboratorium dan kemajemukan input siswa. Prestasi belajar IPA dapat dicapai siswa dengan adanya manajemen laboratorium di SMPN 3 Pengasih Kulon Progo. Akan tetapi, secara kuantitatif prestasi belajar siswa belum mengalami kenaikan secara signfikan.

Kata kunci: manajemen, laboratorium, prestasi belajar, IPA

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 2 (Oktober) 2018