Kinerja Guru Ditinjau dari Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Budaya Mutu
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kontribusi supervisi kepala sekolah, motivasi kerja dan budaya kualitas, bersama-sama dan parsial terhadap kinerja guru di semua SMP di Kecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelatif. Populasi penelitian adalah semua guru di SMP Wates berjumlah 147 guru. Populasi penelitian adalah untuk semua guru di SMP di Wates. Mereka 147 guru untuk menjadi sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas, analisis regresi, analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi dari supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, dan budaya kualitas akord bersama-sama dan sebagian sebagai perhatian dengan kinerja guru untuk semua SMP di Wates.
Kata kunci: kinerja guru, supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, budaya kualitas
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).