Produktivitas Kerja Guru Ditinjau dari Kontribusi Etos Kerja, Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Organisasi di SMA/SMK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi etos kerja, kepemimpinan transformasional, dan komitmen organisasi secara bersama-sama dan secara parsial terhadap produktivitas guru di SMA/SMK N 1 Kecamatan Samigaluh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMA/SMK N 1 Kecamatan Samigaluh berjumlah 61 guru. Dalam penelitian ini tidak ada pengambilan sampel karena dari jumlah guru yang akan dilakukan penelitian sejumlah 61 maka semua guru akan diberikan instrumen penelitian atau dalam artian akan dijadikan sampelnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada responden. Analisis data yang dilakukan melalui analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi dan uji prasyarat analisis mencakup uji uji linieritas, uji homokedastisitas dan uji multikolineritas. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi positif etos kerja, kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasi secara bersama-sama dan secara parsial terhadap produktivitas kerja guru di SMA/SMK N 1 Kecamatan Samigaluh.
Kata kunci: produktivitas kerja guru, etos kerja, kepemimpinan transformasional, dan komitmen organisasi
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).