Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Pengalaman Mengajar Guru, dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Kinerja Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
 Tujuan : (1) Untuk mengetahui kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap kinerja guru TK; (2) Untuk mengetahui kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru TK; (3) Untuk mengetahui kontribusi pengalaman mengajar guru terhadap kinerja guru TK; dan (4) Untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan fasilitas belajar terhadap kinerja guru TK.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru, pemanfaatan fasilitas belajar dan kinerja guru. Penelitian dilaksanakan pada TK di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Populasi adalah seluruh guru TK berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh kesimpulan: (1) Kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi kemampuan manajerial kepala sekolah, pengalaman mengajar guru dan pemanfaatan fasilitas belajar maka kinerja guru cenderung tinggi. (2) Kemampuan manajerial kepala sekolah berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi kemampuan manajerial kepala sekolah maka kinerja guru cenderung tinggi. (3) Pengalaman mengajar guru berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi pengalaman mengajar guru maka kinerja guru cenderung tinggi. (4) Pemanfaatan fasilitas belajar berkontribusi positif terhadap kinerja guru TK. Semakin tinggi pemanfaatan fasilitas belajar maka kinerja guru cenderung tinggi.
Kata Kunci: Â Â kinerja guru, pengalaman mengajar guru, pemanfaatan fasilitas belajar.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Astini, Made Susi., Suhandana, Gede Anggan., & Sadia, Wayan. (2013). Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru TIK pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 4 Tahun 2013.
Atmodiwirio, Soebagio. (2002). Identifikasi Faktor-faktor Kemampuan Manajerial yang Diperlukan dalam Implementasi School Based Management dan Implikasinya terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Imam, Barnadib. (2005). Beberapa Hal tentang Pendidikan.Yogyakarta: Studying.
Karweti, Engkay. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11, No. 2, Oktober 2010, hal. 73-84.
Made Susi Astini, Gede Anggan Suhandana, dan Wayan Sadia. 2013. Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru TIK pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Karangasem. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013).
Nawawi, Hadari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Suherman, Aris., & Saondi, Ondi. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Soebagio Atmodiwirio, 2002, Identifikasi Faktor-faktor Kemampuan Manajerial yang Diperlukan dalam Implementasi School Based Management dan Implikasinya terhadap Program Pembinaan Kepala Sekolah, Jurnal Administrasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wibowo, Pradoto., Suntoro, Irawan., & Sumadi. (2016). Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru di SD Gugus IV Kemiling Permai Bandar Lampung.