Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Prestasi Guru Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Suwarni Suwarni
Agustina Sri Purnami

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kontribusi penerapan konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru dan peran Komite Sekolah terhadap prestasi guru SD se-Kecamatan Galur Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, variabel penelitian ini adalah kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru, peran komite sekolah, dan prestasi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD dan Kepala Sekolah di SD Negeri dan swasta di Kecamatan Galur Kulon Progo yang berjumlah 168 dengan jumlah sampel adalah 118 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi liniear berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru dan peran komite sekolah sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi guru dalam perspektif pembinaan guru SD Se-Kecamatan Galur Kulon Progo baik secara parsial maupun secara simultan.

Kata kunci: kepemimpinan, kompetensi guru, komite sekolah, prestasi guru.

Rincian Artikel

Bagian
Vol 1 No 3 (Februari) 2019

Referensi

Asmarani, N. (2014). Peningkatan kompetensi Profesional Guru Disekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomer 1, Juni 2014 hal 503 -831

Budiantono, B. (2008). Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang. Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Volume 6, Nomor 1, April 2008.

Kumaidi. (2008). Lingkup Materi Uji sertifikasi Guru.

Mangkunegara, A.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muspiroh, N. (2013). Profil Kompetensi Guru dan Fasilitas Pendukung Pembelajaran Biologi pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Cirebon (Studi Kasus di MAN Kalimukti dan MA As-Shighor Ad-Dauly). Jurnal Scientiae Educatia Volume 2 Edisi 1, Edisi April, hal. 53-71.

Partini, T. (2016). Terpuruknya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Diakses dari https://www.kompasiana.com/tripratini3/terpuruknya-kualitas-pendidikan-di indonesia_56f0ddcc7097739808c6b62a.

Payong, M.R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT. Indeks.

Sari, T., Rahman, B., & Rini, R. (2016). Pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Komite terhadap Kinerja Guru Bandar Lampung.

Sujanto, B. (2009). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: CV Agung Sagung Seto.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar. Bandung: Alfa Beta.

Zamroni. (2008). Pendidikan Guru di Masa Depan. Makalah. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI di Universitas Pendidikan Ganesha, 17-19 Nopember 2008.