Konsep Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dan Prestasi Guru Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kontribusi penerapan konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru dan peran Komite Sekolah terhadap prestasi guru SD se-Kecamatan Galur Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, variabel penelitian ini adalah kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru, peran komite sekolah, dan prestasi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD dan Kepala Sekolah di SD Negeri dan swasta di Kecamatan Galur Kulon Progo yang berjumlah 168 dengan jumlah sampel adalah 118 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi liniear berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa konsep kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, kompetensi guru dan peran komite sekolah sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi guru dalam perspektif pembinaan guru SD Se-Kecamatan Galur Kulon Progo baik secara parsial maupun secara simultan.
Kata kunci: kepemimpinan, kompetensi guru, komite sekolah, prestasi guru.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Asmarani, N. (2014). Peningkatan kompetensi Profesional Guru Disekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Volume 2 Nomer 1, Juni 2014 hal 503 -831
Budiantono, B. (2008). Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan terhadap Prestasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang. Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Volume 6, Nomor 1, April 2008.
Kumaidi. (2008). Lingkup Materi Uji sertifikasi Guru.
Mangkunegara, A.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muspiroh, N. (2013). Profil Kompetensi Guru dan Fasilitas Pendukung Pembelajaran Biologi pada Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di Cirebon (Studi Kasus di MAN Kalimukti dan MA As-Shighor Ad-Dauly). Jurnal Scientiae Educatia Volume 2 Edisi 1, Edisi April, hal. 53-71.
Partini, T. (2016). Terpuruknya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Diakses dari https://www.kompasiana.com/tripratini3/terpuruknya-kualitas-pendidikan-di indonesia_56f0ddcc7097739808c6b62a.
Payong, M.R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT. Indeks.
Sari, T., Rahman, B., & Rini, R. (2016). Pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Komite terhadap Kinerja Guru Bandar Lampung.
Sujanto, B. (2009). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: CV Agung Sagung Seto.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajar. Bandung: Alfa Beta.
Zamroni. (2008). Pendidikan Guru di Masa Depan. Makalah. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI di Universitas Pendidikan Ganesha, 17-19 Nopember 2008.